SUARA INDONESIA

Tabrakan Kapal di Perairan Gresik, 5 ABK Belum Ditemukan

Syaifuddin Anam - 24 January 2021 | 12:01 - Dibaca 1.08k kali
Peristiwa Daerah Tabrakan Kapal di Perairan Gresik, 5 ABK Belum Ditemukan
Lima ABK yang berhasil selamat dari kecelakaan laut

GRESIK - Kecelakaan laut terjadi di Perairan dekat anjungan migas (offshore) PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO), Sabtu (23/1/2021).

Sebuah kapal KM Tanto Bersinar tabrakan dengan Kapal Tug Boat TB Mitra Jaya XIX yang menggandeng TK Makmur Abadi-5 di Area Bouy 3 Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) Perairan Gresik.

Tiga ABK Kapal TB Mitra Jaya XIX dan dua ABK TK Makmur Abadi selamat dari insiden maut tersebut. Sementara lima ABK lainnya belum ditemukan. Diduga masih berada dalam Tug Boat Kapal TB Mitra yang terbalik.

Kelima korban yang hilang TB Mitra Jaya XIX itu adalah Fakhtur (48), Himawan (27), Arif Maulana (47), Ulil Amri (57) dan Budiantoro (50).

"Sampai saat ini proses pencarian lima ABK terus kami lakukan. Lebih fokus pada bangkai kapal Tug Boat Kapal TB Mitra," kata Kasatpolaairud Polres Gresik AKP Masyhur Ade, Minggu (24/1/2021).

Proses pencarian melibatkan tim Polair Polda Jatim, Basarnas dan KPLP Gresik. Basarnas akan evakuasi kapal tenggelam yang diduga 5 korban ada di dalamnya.

Sementara kelima korban selamat dalam tabrakan kapal telah di evakuasi tim gabungan ke kantor KSOP Gresik.

Dua korban selamat TK Makmur Abadi-5, Agung Dwi P. (20) dan Basuni (53). Tiga korban selamat TB Mitra Jaya XIX adalah Nahkoda: Sharul (45), Masinis II: Larusman (26) dan Masinis III: La Ode Ahmad (20).

"Para korban selamat trauma. Sekarang masih di agen kapal, mungkin besok baru dilimpahkan ke Ditpolair Tanjung Perak oleh KSOP," imbuhnya.

Informasi yang dihimpun, kecelakaan kapal di sekitar Bouy-3 terjadi Sabtu 23 Januari 2021 sekitar pukul 03.00 WIB. Pagi itu, TB Mitra Jaya XIX dinakhodai Syahrul, (43), asal Semarang menarik tongkang (TK) Makmur Abadi-5 berangkat dari Pelabuhan Sungai Puting, Kalimantan Selatan, Senin 11 Januari 2021 sekitar pukul 11.00 waktu setempat. 

TB Mitra Jaya XIX dengan delapan ABK itu menarik tongkang TK Makmur Abadi-5 yang mengangkut minyak kelapa sawit tujuan Gresik. 

Pada Sabtu 23 Januari 2021 sekitar pukul 03.00 WIB TB Mitra Jaya XIX itu memasuki APBS tepatnya sekitar anjungan PHE WMO di perairan Gresik. 

Bersamaan Kapal Motor (KM) Tanto Bersinar berangkat dari Surabaya melintasi APBS. Bagian tali TB Mitra Jaya XIX untuk menarik TK Makmur Abadi-5 diduga tertarik KM Tanto Bersinar. TB Mitra Jaya XIX miring kemudian terbalik dan tenggelam. Sedangkan, TK Makmur Abadi-5 muat ratusan ton minyak kelapa sawit selamat.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syaifuddin Anam
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV