SUARA INDONESIA

Sambut Imlek, TITD Pay Lien San Lakukan Penyucian Patung

- 08 February 2021 | 12:02 - Dibaca 2.33k kali

JEMBER- Menyambut Tahun Baru Imlek 12 Februari 2021, puluhan patung yang ada di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Pay Lien San Desa Glagahwero, Kecamatan Panti Kabupaten Jember dimandikan serta disucikan pada Minggu (7/2/2021).

Puluhan patung dimandikan dan dibersihkan dengan menggunakan sabun mandi cair, kemudian disiram air bunga dan air teh. Selanjutnya pengelola Klenteng akan mengolesi patung-patung Dewa dengan minyak Cendana.

Wakil Ketua Pengurus TITD Pay Lien San Hery Nofem Stadiono mengatakan agenda ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap menjelang imlek.

“Kami selalu melakukan kegiatan ini setiap menjelang Tahun Baru Imlek,” katanya.

Selanjutnya dirinya menjelaskan bersih-bersih ini dilakukan dengan tujuan menyucikan kembali Tempat Ibadah Tri Dharma , mengingat selama setahun terakhir banyak ummat yang datang dengan berbagai persoalan dan kesalahan.

“Bersih-bersih tempat ibadah ini, karena selama setahun ini tentunya banyak  umat yang  datang dengan berbagai  persoalan. Tidak hanya hal baik, yang jahat pun ada,” imbuhnya.

Mengenai perayaan Tahun Baru Imlek di masa pandemi saat ini, pria yang akrab disapa Hery tersebut menjelaskan akan ditiadakan sesuai dengan himbauan dari Mentri Agama RI.

“Karena saat ini masih masa pandemi, kami mengikuti himbauan yang diberikan oleh Kementrian Agama. Sehingga untuk perayaan Tahun baru Imlek kali ini ditiadakan,” lanjutnya.

Berdasarkan informasi yang didapatkan perayaan Tahun Baru Imlek 2572 masuk pada tahun Kerbau Logam, yang memiliki arti kuat dan pantang menyerah. Untuk itu Hery berharap agara masyarakat terus optimis dan meningkatkan inovasi selama masa pandemi.

“Tahun Baru Imlek ini adalah Kerbau Logam, saya menmbayangkan di tahun ini memang kendala-kendala kemarin belum selesai. Namun, saat ini kekuatan masyarakat lebih besar lagi untuk menghadapi peremasalahan yang ada. jadi mari terus optimis dan selalu tingkatkan inovasi dimasa pandemi,” pungkasnya. (Wildan)


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV