SUARA INDONESIA

Dampak Covid -19 Stok Darah di PMI Purworejo Menipis

- 12 February 2021 | 19:02 - Dibaca 1.19k kali
Peristiwa Daerah Dampak Covid -19 Stok Darah di PMI Purworejo Menipis
Ket foto: Salah satu warga saat mendonorkan darah di PMI Kabupaten Purworejo

PURWOREJO - Dampak dari pandemi Covid-19, menyebabkan jumlah pendonor darah di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menurun cukup drastis, karena sebagian pendonor merasa takut terpapar virus selama proses donor darah.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris PMI Kabupaten Purworejo, yang juga sebagai Kepala Markas PMI Kabupaten Purworejo, Indriati Agung Rahayu, menegaskan, masyarakat tak perlu khawatir mendonorkan darahnya selama pandemi. Pasalnya, PMI Kabupaten Purworejo menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam pelaksanaan donor darah.

“Adanya pandemi covid 19 ini, stok darah yang ada di kami sempat turun drastis, dari kebutuhan kantong yang disediakan sebelum pademi yaitu kisaran 700-800 kantong setiap bulan, masa pandemi hanya mampu menyediakan 400-500 kantong setiap bulan, namun dengan program jemput bola alhamdulillah pasokan darah di PMI kini mulai normal kembali," ungkapnya, saat dikonfirmasi kontributor suaraindonesia.co id Jumat (12/2/2021).

Disampaikan, menurunnya jumlah stok darah yang ada dimasa pandemi, disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya rasa kekhawatiran masyarakat selama pandemi untuk datang ke pusat-pusat pelayanan kesehatan, rasa ketakutan masyarakat dalam menjawab pertanyaan apakah berdonor darah saat pandemi tetap aman dan banyaknya angka kesakitan pasien terpapar Covid-19. Padahal, darah dari pendonor masih sangat dibutuhkan untuk membantu pasien-pasien di rumah sakit maupun masyarakat yang membutuhkan pasokan darah.

"Oleh karena itu, kami tidak henti-hentinya menyerukan dan mengajak masyarakat untuk tetap aktif mendonorkan darah di masa pandemi Covid-19. Dengan melakukan edukasi kepada pendonor dan langkah program jemput bola hingga sampai ke desa-desa, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, alhamdulillah kebutuhan darah saat ini terpenuhi," ujarnya

Guna menarik simpatik warga untuk mau mendonorkan darahnya, PMI Kabupaten Purworejo menggelar kuis undian berhadiah yang diundi pada akhir tahun. Jika tahun sebelumnya PMI Kabupaten Purworejo hanya menyediakan dua unit sepeda ontel, tahun 2021 ini pihaknya telah menyediakan hadiah sepeda motor ditambah puluhan hadiah menarik lainya.

"Bagi setiap pendonor kita kasih kupon, dan nanti kita undi pada akhir tahun. Pendonor juga kita kasih reward sesuai jumlah kali yang didonorkan," pungkasnya. (Widarto)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV