SUARA INDONESIA

Duduki Peringkat ke-42, PDAM Purworejo Alami Kenaikan Aset dan Laba Selama Pandemi

Widiarto - 28 April 2021 | 19:04
Peristiwa Daerah Duduki Peringkat ke-42, PDAM Purworejo Alami Kenaikan Aset dan Laba Selama Pandemi

PURWOREJO-Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Purwitasari Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah mengalami kenaikan omset secara signifikan dimasa pandemi covid-19 ini.

Berdasarkan data, aset PDAM mengalami kenaikan signifikan, jika tahun 2019 nilainya Rp 33.9 miliar maka di tahun 2020 naik menjadi 39.8 miliar. Pendapatan juga naik dari Rp 27.3 miliar menjadi Rp 28.8 Miliar. Laba sebelum pajak juga naik dari Rp 4,1 milar menjadi Rp 4.3 miliar, Dividen ke Pemda juga naik dari Rp 1,7 miliar menjadi Rp 1,8 miliar.

Dirut PDAM Tirta Purwitasari Purworejo, Hermawan Wahyu Utomo, mengatakan, PDAM tetap bisa bergerak dan mencapai target bahkan melampaui target selama pandemi Covid-19. Hal itu tidak terlepas dari kebutuhan air bersih masyarakat selama pandemi.

"PDAM bisa tetap survive karena layanan air bersih, PDAM menghasilkan produk yang mendukung dan dibutuhkan selama pencegahan Korona," kata Wahyu, saat ramah tamah dan buka bersama dengan Pewarta Purworejo, di rumah makan Bogowonto, Pangen, Purworejo, Rabu (28/4/2021).

Dijelaskan, capaian maksimal PDAM selama dua tahun terakhir juga dibuktikan dengan perolehan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Tim KAP Indarto. Selain itu, berdasarkan penilaian Kementerian PUPR dan BPKP dari 387 PDAM Kabupaten/Kota Se-Indonesia dari tahun ke tahun juga mengalami kenaikan.

Berdasarkan ranking di tahun 2017 PDAM Tirta Purwitasari menduduki peringkat ke 106, 2018 naik menjadi peringkat 61, tahun 2019 naik lagi menjadi peringkat ke 58 dan di tahun 2020 naik di ranking 42 se Indonesia.

"Capaian itu membuat kami lebih bersemangat untuk memberikan pelayanan terbaik, jaringan kami tambah untuk Purworejo bagian barat meliputi Kecamatan Kemiri, Pituruh dan Butuh. Sementara pengembangan ke selatan menyambut hadirnya YIA dilakukan pengembangan di wilayah Kecamatan Bagelen dan Purwodadi bagian selatan," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti yang ikut hadir dalam acara itu, memberikan apresiasi kepada PDAM yang telah memberikan yang terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat Purworejo.

"Saya ucapkan selamat atas perkembangan PDAM yang meningkat baik, semoga kedepan masih ada semangat untuk lebih baik lagi," pungkasnya.

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya