SUARA INDONESIA

Begini Langkah Trengggalek Antisipasi Terjadinya Ledakan Kasus Covid-19

Rudi Yuni - 26 May 2021 | 16:05
Peristiwa Daerah Begini Langkah Trengggalek Antisipasi Terjadinya Ledakan Kasus Covid-19

TRENGGALEK - Antisipasi penanganan jika terjadi ledakan kasus Covid-19 telah direncanakan dengan menyiapkan anggaran sebesar Rp 20 milyar. Anggaran tersebut disediakan dan akan digunakan jika anggaran yang dikelola OPD telah habis.

Anggaran tersebut masuk pada Belanja Tidak Terduga (BTT) yang telah masuk ada include pada anggaran refocusing yang telah ditetapkan sebesar 8 persen atau Rp 105 milyar sesuai aturan kementerian.

"Antisipasi telah kita siapkan jika terjadi ledakan atau adanya peningkatan angka pada kasus Covid-19," kata Mugianto Ketua Komisi IV DPRD Trenggalek usai rapat bersama beberapa OPD mitra, Rabu (26/5/2021).

Menurutnya, persiapan untuk antisipasi penanganan Covid-19 di Trenggalek telah direncanakan. Seandainya wabah Covid-19 ini tidak sesuai dengan prediksi atau tidak mereda bahkan mengalami peningkatan maka langkah untuk antisipasi telah disiapkan.

Namun semua tetap berharap dengan penanganan yang maksimal, tiga bulan kedepan akan terjadi penurunan yang signifikan. Pihaknya juga telah melihat rencana perkembangannya, semoga saja Covid-19 segera sirna.

"Jika kasus Covid-19 sendiri terjadi ledakan, kita telah masukkan pos anggaran pada BTT. Anggaran itu bisa digunakan jika anggaran yang dibutuhkan OPD telah habis," tuturnya. 

Dicontohkan Mugianto, misalkan tiga bulan prediksi Covid-19 sudah reda namun prediksi itu salah dan malah terjadi ledakan, sehingga mengakibatkan anggaran yang dikelola oleh OPD sudah habis karena tingginya kasus maka OPD krusial yang anggarannya telah habis bisa menggunakan pos anggaran lagi yang ada di BTT untuk persiapan.

Sebaliknya, tatkala nanti tiga bulan kedepan perkembangan sesuai prediksi dan kasus terus turun dan membaik artinya kasus sudah terbilang aman maka BTT akan digunakan untuk alokasi perubahan anggaran agar dapat digunakan untuk kegiatan yang sempat tahun ini tertunda

"Besaran anggaran yang di cadangkan di BTT sekitar Rp 20 milyar, itu sudah termasuk include refocusing 8 persen," ucapnya.

Pewarta : Rudi Yuni
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV