SUARA INDONESIA

Banyak Raih Prestasi, Padepokan PSHT Cabang Kendal di Harapkan Jadi Gudang Atlit

Zamroni - 01 June 2021 | 23:06
Peristiwa Daerah Banyak Raih Prestasi, Padepokan PSHT Cabang Kendal di Harapkan Jadi Gudang Atlit

Kendal- Padepokan Pencak Silat Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kendal banyak torehkan prestasi, Wakil Bupati Kendal, Wabup Kendal berikan aspresiasi.

Wabup Kendal juga berharap kedepan padepokan tersebut bisa menjadi Gudang Altit Pencak silat di tingkat Nasional.

Wabup Kendal, Windu Suko Basuki menyampaikan aspresiasi kepada Padepokan PSHT Cabang Kendal atas prestasi yang diraihnya, dari mulai prestasi yang diraih di tingkat Daerah hingga Tingkat Nasional.

"Mudah-mudahan prestasi yang diraih oleh Padepokan PSHT Cabang Kendal ini bisa membawa nama harum Kendal, dan bisa mengangakat nama Kendal di tingkat Nasional maupun Dunia," kata Wabup Kendal, saat acara sarasehan bersama Pengurus dan pelatih Padepokan PSHT Cabang Kendal, di Aula Padepokan PSHT Cabang Kendal, Selasa malam (01/6/2021).

Ia melanjutkan, semua itu bisa tercapai tak lepas dari bimbingan seluruh pengurus dan pelatih Padepokan PSHT Cabang Kendal yang terus berkomitmen untuk memajukan Padepokannya serta memajukan pencak silat dan olahraga di Kendal.

"Terimakasih buat para pengurus dan pelatih yang ikut serta membantu mengharumkan nama Kendal melalui prestasi yang diraih di tingkat daerah maupun Nasional. Apa yang kita dapatkan hari ini harus kita pertahankan dan mudah-mudahan kedepan Kendal bisa lebih dikenal dengan gudang atlit pencak silat," paparnya.

Basuki berpesan kepada para pengurus, pelatih dan juga para atlit untuk terus berlatih dan tetap sportif dalam segala hal.

"Semoga dengan hadirnya Padepokan ini bisa membawa dampak positif bagi masyarakat Kendal secara secara umum dan bagi para warga PSHT bisa menjadi insan yang jujur dan bermanfaat bagi orang lain," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Padepokan PSHT Cabang Kendal, Supriyadi, mengatakan bahwa, Padepoka PSHT cabang Kendal, sejak mulai tahun 1992 sudah mulai menorehkan banyak presatasi hingga sampai saat ini.

"Pertama kali Padepokan PSHT Cabang Kendal, meraih prestasi itu di tahun 1992, dengan meraih juar umum juara 1 yang diselengarakan oleh Pemkab Kendal saat itu. Dengan banyaknya prestasi yang kami raih, Insyaallah Kendal akan dikenal dengan atlit-atlit pencak silatnya," katanya.

Lebih lanjut ia menuturkan, sejak mulai berdiri hingga sekarang, jumlah warga PSHT di Kendal sudah mencapai sekitar 6 ribu dan sudah berhasil mendirikan 14 ranting di Kendal.

Ia melanjutkan, PSHT Cabang Kendal mulai berdiri di Kendal sejak tahun 1679, yang di bawa oleh Putra mantan Kandes Jenarsari Gemuh saa itu yakni, Budiono, yang saat ini penjabat sebagai penasehat di Padepokan PSHT Cabang Kendal.

"Satu tahun kemudian setalah berdirinya Padepokan PSHT di Kendal, Budiono mampu mengembangkan PSHT di Kendal hingga mempunyai dua anak didik yang berasal dari Desa Gempolsewu Rowosari, yang saat ini juga menjadi penasehat di Padepokan yang didirikannya itu, tuturnya.

Lebih lanjut Supriyadi menceritakan kisah berdirinya padepokan itu, setelah berhasil mendidik kedua muridnya itu, dirinya bersama kedua muridnya itu berkomitmen untuk membesarkan padepokannya.

"Dengan komitmen yang kuat, saya bersama kedua murid saya berhasil mengembangkan PSHT di Kendal hingga berhasil mempunyai murid 17 orang dan pada 30 September 1983 kami berhasil megantarkan 17 muridnya saya itu untuk disahkan menjadi warga PSHT," lanjutnya.

Setelah itu, lanjut , Padepokan PSHT berkembang pesat di Kendal dan pada tahun 1985 Padepokan PSHT di Kendal diresmikan dan menjadi Induk cabang 48 secara resmi.

"Alhamdulillah sejak mulai berdiri hingga sekarang sudah banyak preatasi yang kami raih, mulai dari pretasi di tingkat daerah maupun Nasional. Bahkan kita juga pernah meraih juara satu diajang piala Presiden. Saat ini kita juga sudah punya lahan sendiri untuk Kantor sekertariat dan juga untuk tempat untuk latihan," pungkasnya.
 

Pewarta : Zamroni
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV