SUARA INDONESIA

Isi Libur Sekolah, NU Ranting Semawung Purworejo Gelar Sunatan Masal

Widiarto - 20 June 2021 | 12:06 - Dibaca 814 kali
Peristiwa Daerah Isi Libur Sekolah, NU Ranting Semawung Purworejo Gelar Sunatan Masal
Salah seorang anak di Desa Semawung ditemani orang tua ikut sunatan masal yang digelar NU Ranting Desa Semawung, pada Minggu (20/6/2021)

PURWOREJO - Nahdlatul Ulama (NU) Ranting Desa Semawung, Kecamatan/Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menggelar kegiatan sunatan masal, pada Minggu (20/6/2021).

Sunatan masal itu dilaksanakan guna membantu anak- anak di Desa Semawung yang kurang mampu dan umum untuk melaksanakan khitan terlebih dimasa memasuki awal liburan sekolah.

Sebelum disunat, anak-anak dan orang tua wali mengikuti kegiatan doa bersama dan ceremony di Mushola Al Maslakhah, setelah itu mereka mengadakan pawai jalan kaki sejauh kurang lebih 200 meter menuju lokasi sunatan masal yang digelar di Dusun Krajan RT 1 RW 1 Desa Semawung.

Pawai tampak meriah dengan diiringi group sholawat kencreng (terbangan) Desa Semawung. Masyarakat sekitarpun antusias untuk melihat langsung kegiatan itu.

"Ada sekitar 17 anak yang ikut khitan di Desa Semawung yang memang sudah waktunya untuk disunat dan beberapa warga lain yang sekolah di SD Semawung," ungkap ketua NU Ranting Desa Semawung, H Hambyah, saat ditemui disela kegiatan sunatan masal, pada Minggu (20/6/2021).

Dijelaskan, kegiatan khitanan masal itu merupakan merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan oleh NU Ranting Desa Semawung. Selain untuk mengisi kegiatan dimasa awal libur sekolah juga untuk mewujudkan bahwa NU Ranting Semawung itu eksis.

"Tujuanya khitanan masal ini adalah agar para peserta khitan menjadi kader NU yang militan, selain itu anak yang dikhitan bisa berguna bagi agama, nusa dan bangsa dan mudah-mudahan menjadi anak yang soleh," ujarnya.

Kepala Desa Semawung, Samud Purnomo, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan NU Ranting Desa Semawung. Pihaknya berharap kegiatan sunatan masal itu bisa digelar secara rutin dalam setiap tahunnya, terlebih untuk mengisi masa libur sekolah.

"Semoga bisa bermanfaat dan harapanya NU Ranting Desa Semawung bisa berkembang dan anak-anak yang ikut khitanan masal bisa menjadi anak yang soleh dan harapanya kedepan khitanan masal ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Semawung," harapnya.

Sementara itu, Rio, anak kelas 4 SD Semawung yang ikut khitanan masal mengaku lega dan senang bisa mengikuti kegiatan itu.

"Sudah sejak tahun lalu ingin disunat, tapi baru kali ini bisa disunat, dan alhamdulillah hari ini bisa disunat bareng teman-teman yang lain," katanya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV