SUARA INDONESIA

DPPKN Purworejo Kembangkan Program P2L Sebagai Sumber Pangan 

Agus Sulistya - 24 June 2021 | 20:06
Peristiwa Daerah DPPKN Purworejo Kembangkan Program P2L Sebagai Sumber Pangan 

PURWOREJO - Pada masa pandemi covid-19 yang masih meningkat, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, terus mengembangkan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yaitu menanam aneka tanaman utamanya sayuran dengan memanfaatkan pekarangan rumah yang kosong sebagai sumber pangan secara berkelanjutan.

Wasit Diono selaku Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo mengatakan, Pekarangan Pangan Lestari (P2L) merupakan kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan yang bersumber dari dana Dekonsentrasi.

"Pekarangan Pangan Lestari (P2L) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok masyarakat secara bersama-sama mengusahakan lahan pekarangan sebagai sumber pangan," katanya saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Kamis (24/06/2021).

Lebih lanjut, Wasit mengungkapkan, secara berkelanjutan P2L adalah untuk meningkatkan ketersediaan, aksebilitas dan pemanfaatan serta pendapatan.

"Pada tahun 2021 Kabupaten Purworejo mendapatkan P2L di sembilan lokasi," ungkapnya.

Wasit menambahkan, bahwa P2L sendiri bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan pangan untuk rumah tangga, meningkatkan pendapatan rumah tangga melalui penyediaan pangan yang berorientasi pasar.

"Untu komponen P2L terdiri dari sarana pembibitan, pengembangan demplot, pertanaman dan penanganan pasca panen," pungkasnya.

Diketahui, setiap kelompok penerima P2L tersebut juga mendapat pendampingan administrasi dan teknis dari Tim Teknis Kabupaten baik dalam pelaksanaan budidaya tanaman sayuran, pemanfaatan dana dan pelaporan.

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya