SUARA INDONESIA

Penemuan Goa di Area Tambang, Peneliti: Ini Bukti Desa Jadi Merupakan Tandon Air di Tuban dan Harus Dilindungi

Achmad Junaidi - 27 June 2021 | 14:06
Peristiwa Daerah Penemuan Goa di Area Tambang, Peneliti: Ini Bukti Desa Jadi Merupakan Tandon Air di Tuban dan Harus Dilindungi

TUBAN - Sebuah goa di bawah tanah kembali ditemukan di areal tambang batu kapur milik investor dari Sidoarjo yang berada di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Gua tersebut pertama kali ditemukan Budi (25), seorang pekerja tambang. Saat itu, Budi menggergaji batu kumbung (kapur) bersama rekan kerjanya, tiba-tiba batu yang digergaji jatuh ke bawah dan terlihat lubang berisi air.

"Gua ini temukan sudah seminggu yang lalu. Pada saat itu saya menggergaji bersama teman yang lain, tiba-tiba batunya ambruk ke bawah. Membentuk lubang seperti sumur berisi air," jelas Budi kepada suaraindonesia.co.id, Minggu (27/6/2021).

Karena penasaran, Budi dan rekannya langsung mengecek turun ke bawah dengan menggunakan tangga bambu dengan kedalaman sekitar 7 meter.

"Setelah cek di goa tersebut berisi air penuh gitu. Saya sendiri juga kurang tau apakah ada rongga-rongganya. Perkiraan kedalaman airnya 2 meter," ungkapnya.

Sementara itu, Chief Instruktur Speleologi Indonesia, Nafik mengatakan, goa baru yang ditemukan ini memiliki aliran sungai bawah tanah yang belum diketahui ujungnya. 

"Hari ini kita lakukan observasi penemuan gua baru yang kebetulan berada di areal tambang. Hasilnya ada resapan air bawah tanah, tetapi kita belum bisa masuk lorongnya karena tertutup air," jelas Nafik.

Nafik menyebut, ditemukan goa baru yang ada aliran sungai bawah tanah ini membuktikan bahwa Desa Jadi merupakan daerah tandon air bawah tanah di Kabupaten Tuban. Dan harus menjadi perhatian khusus bagi pemerintah untuk nilai konservasi.

"Untuk kedalaman goa dari permukaan sekitar 25 meter, kalau dari titik tambang kedalaman mencapai 7 meter, dan kedalaman air variatif sekitar 2 meter. Sementara ini lebar gua sekitar 3 meter," pungkasnya. (Irq/Nang). 

Pewarta : Achmad Junaidi
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV