SUARA INDONESIA

Dewan Usulkan Layanan Vaksinasi Home Service bagi Penyandang Disabilitas

Lukman Hadi - 08 July 2021 | 18:07
Peristiwa Daerah Dewan Usulkan Layanan Vaksinasi Home Service bagi Penyandang Disabilitas

SURABAYA - Tingginya kasus Covid-19 kembali menyerang Kota Pahlawan, namun itu dibarengi dengan percepatan vaksinasi bagi semua elemen masyarakat.

Kini sudah masuk vaksinasi tahap lll bagi penyandang disabilitas dan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ), yang dimulai sejak Juni lalu.

Pelaksanaan vaksinasi bagi penyandang disabilitas harus mendatangi puskesmas terdekat. Sementara untuk ODGJ, tenaga kesehatan dari puskesmas mendatangi lokasi pasien di Liponsos.

Anggota Komisi D DPRD Surabaya, Tjutjuk Supariono menganggap, pelaksanaan vaksinasi bagi penyandang disabilitas harus datang ke puskesmas itu dirasa kurang efektif.

"Masalahnya di aksesibilitas. Banyak dari teman-teman disabilitas, baik fisik maupun mental, yang kesulitan menjangkau lokasi vaksin, meskipun itu puskesmas terdekat," kata Tjutjuk, Kamis (8/7/2021).

Politisi Fraksi PSI Surabaya ini mengusulkan adanya suatu layanan vaksinasi home service yang lebih memudahkan para penyandang disabilitas.

"Tidak hanya itu, teman-teman yang memiliki kondisi medis tertentu juga kesulitan. Sehingga diperlukan adanya layanan vaksinasi home service bagi teman-teman disabilitas," ujarnya.

Menurutnya, bukan menilai hanya dari jangkauan lokasi saja, tapi juga perkara infrastruktur di puskesmas yang dirasa tidak ramah bagi disabilitas.

"Vaksinasi untuk teman-teman disabilitas dan ODGJ harus diprioritaskan. Pemkot juga bisa menggandeng komunitas disabilitas, baik itu untuk pendataan maupun publikasi vaksinasi untuk penyandang disabilitas," jelasnya.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sampai saat ini total capaian vaksin dosis pertama untuk Kota Surabaya adalah 22,47%, dimana untuk masyarakat rentan masih pada urutan ke-6 dengan pencapaian 3,2%.

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya