SUARA INDONESIA

Bantu Warga Isoman, Dapur Rakyat Besutan Masyarakat Kutim Bergerak

Eki Adi Nugroho - 03 August 2021 | 11:08 - Dibaca 859 kali
Peristiwa Daerah Bantu Warga Isoman, Dapur Rakyat Besutan Masyarakat Kutim Bergerak
Tim penggagas aksi sosial dapur rakyat.

KUTAI TIMUR - Dapur Rakyat yang merupakan bentuk final dari aksi sosial yang didasari oleh keprihatinan terhadap warga yang terdampak Covid-19 mulai melaksanakan distribusi bantuan. 

Dalam hari pertama pendistribusian, tim Dapur Rakyat yang terdiri dari para relawan, TNI/Polri dan Tagana melaksanakan distribusi 600 paket nasi yang dilaksanakan dalam 2 tahap dan menyasar langsung warga yang tengah menjalani Isolasi Mandiri (Isoman).

Ditemui di markas Dapur Rakyat yang berada di Koramil 0909-01/Sangatta, para penggagas kegiatan sosial yang diwakili oleh Eko Sugiarto, Ayup, Yuli dan Supiansyah juga menyebutkan bahwa kegiatan sosial ini tak sekedar hanya mengantarkan makanan bagi warga yang tengah menjalani isolasi mandiri, dengan bantuan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, para relawan juga akan berupaya membantu memberikan masukan kepada tim Satgas terkait keadaan warga yang tengah melaksanakan Isoman.

"Hari pertama dapur rakyat ini kami telah distribusikan untuk tahap pertama siang 300 paket nasi dan sorenya kami kembali distribusikan 300 paket nasi. Kami akan terus berupaya menggandeng para donatur untuk meringankan beban masyarakat dan terus menghidupkan dapur rakyat, ini bukan karena kepentingan tapi karena kepedulian terhadap sesama dalam masa pandemi Covid-19," ujar Eko mewakili rekan rekannya, Selasa (03/08/2021).

Lebih lanjut dirinya juga menyampaikan bahwa sesuai dengan hasil koordinasi dengan para relawan di dapur rakyat, penerapan protokol kesehatan secara ketat dalam penyiapan bahan hingga teknis pendistribusian juga diberlakukan.

Hal ini menurutnya wajib dilaksanakan mengingat situasi dan juga keadaan saat ini, selain itu diharapkan dengan penyiapan makanan secara higienis dan juga sesuai protokol kesehatan dapat membantu meningkatkan proses penyembuhan warga yang tengah menjalani Isoman.

"Kami akan berusaha untuk melayani seluruh warga yang tengah menjalani Isoman untuk menyediakan makanan yang sehat, kami juga tetap memperhatikan kebersihan serta penerapan protokol kesehatan secara ketat bagi relawan yang bertugas karena kami ingin kegiatan ini benar-benar terlaksana secara continue dan manfaatnya benar-benar dirasakan masyarakat secara langsung," imbuhnya.

Sebelumnya, Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman, didampingi oleh Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang, dalam launching perdana dapur rakyat pada hari Senin kemarin memberikan apresiasi positif atas gerakan tersebut meskipun dalam sambutannya di kegiatan itu orang nomor 1 di Kutim tersebut meminta kegiatan dapur rakyat difokuskan hanya kepada warga yang menjalani Isoman.

Diwawancara terpisah Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang, selain memberikan apresiasi juga meminta secara tegas berharap kegiatan senada dapat dilaksanakan di kecamatan-kecamatan.

"Bagi donatur yang ingin menyerahkan bantuan bisa diserahkan ke Koramil 0909-01/Sangatta," tutupnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Eki Adi Nugroho
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV