SUARA INDONESIA

Berikan Edukasi, Satlantas Polres Purworejo Ajak Andikpas LPKA Kutoarjo jadi Pelopor dan Duta Keselamatan Lalu Lintas

Widiarto - 20 August 2021 | 15:08
Peristiwa Daerah Berikan Edukasi, Satlantas Polres Purworejo Ajak Andikpas LPKA Kutoarjo jadi Pelopor dan Duta Keselamatan Lalu Lintas

PURWOREJO - Satlantas Polres Purworejo, Jawa Tengah, mengajak Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) LPKA Kelas 1 Kutoarjo menjadi pelopor dan duta keselamatan berlalu lintas, setelah keluar dari LPKA nantinya.

Hal itu disampaikan Unit Kamsel Satlantas Polres Purworejo saat menggelar sosialisasi pendidikan masyarakat Bidang Lalu Lintas (Dikmas Lantas) khusus kepada Andikpas LPKA Kutoarjo, di Aula Sahardjo LPKA Kutoarjo, pada Jum’at (20/8/2021).

Sebanyak 32 Andikpas mengikuti sosialisasi itu. Sosialisasi dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kanit Kamsel Satlantas Polres Purworejo, Iptu Eko Rosdianto, menerangkan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memberikan pemahaman tentang dasar hukum lalu lintas, alat pemberi isyarat lalu lintas, syarat kepemilikan SIM, siapa saja yang memiliki hak utama pengguna jalan untuk kelancaran lalu lintas, safety riding dan mentaati rambu-rambu lalu lintas (rambu perintah, larangan, peringatan dan petunjuk).

“Andikpas diharapkan untuk tidak mengendarai sepeda motor apabila tidak memiliki SIM dan wajib mengunakan helm SNI baik yang di depan maupun dibelakang, jangan pernah menyalib dari sebelah kiri kendaraan lain. Kelengkapan kendaraan juga harus di pasang sesuai dengan spektek kendaraannya serta wajib menyalakan lamu utama baik di malam maupun di siang hari," jelas Iptu Eko dihadapan Andikpas saat sosialisasi.

Sementara itu, Kepala LPKA Klas I Kutoarjo, Hari Winarca, melalui Kepala Seksi Pengawasan dan Penegakkan Disiplin (Wasgakin), Sugiyanto, menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran Polres Purworejo khususnya Unit Lantas yang telah meluangkan waktu untuk mengedukasi Andikpas LPKA Kutoarjo tentang bagaimana cara aman, tertib dan etika berlalu lintas.

“Saya harapkan Andikpas bisa mengikuti sosialisasi tersebut dengan sungguh-sungguh, memahami dengan baik sehingga ketika telah selesai menjalani masa pembinaan di LPKA Kutoarjo, telah berumur 17 tahun dan memiliki SIM diharapkan bisa menjadi pelopor dan duta keselamatan bagi pengemudi dan penumpang serta masyarakat sekitar,"  harap Sugi.

Usai memberikan sosialisasi, Unit Kamsel Satlantas Polres Purworejo memberikan bantuan berupa masker dan handsanitiser kepada seluruh Andikpas.


 

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV