SUARA INDONESIA

Bupati Keerom Lantik Trisiswanda Indra Sebagai Sekda Definitif

Mustakim Ali - 06 September 2021 | 18:09
Peristiwa Daerah Bupati Keerom Lantik Trisiswanda Indra Sebagai Sekda Definitif

KEEROM - Bupati Kabupaten Keerom, Piter Gusbager resmi melantik Trisiswanda Indra sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Keerom yang berlangsung di Aula Trinity Kantor Bupati pada, Senin (06/09/2021).

Turut hadir dalam pelantikan tersebut diantaranya Wakil Bupati Keerom, Wahfir Kosasih, Waket 1 DPRD Keerom, Syahabuddin, Mantan Pejabat Sekda Keerom, Daniel Panca Pasanda, Kapolres Keerom, AKBP Christian Aer, sejumlah pimpinan SKPD, tokoh agama, tokoh adat dan pihak-pihak terkait lainnya.

Prosesi pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Sekda Definitif tersebut berlangsung dengan khidmat dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan menggunakan masker serta tidak mengundang banyak tamu.

Dalam kesempatannya Bupati Keerom Piter Gusbager menyampaikan bahwa pelantikan sekda defenitif ini merupakan momen yang sangat penting dalam upaya percepatan pelayanan pemerintahan lebih khususnya lagi pelayan publik.

"Diharapkan dengan Sekda definitif ini, pemantapan da peningkatan kapasitas kelembagaankelembagaan dalam hal ada perbaikan kinerja dan budaya kerja atau disiplin dari ASN kabupaten Keerom," ujar Piter Gusbager usai pelantikan.

Bupati berharap Sekda definitif yang baru dilantik bisa menjabarkan visi misi bupati dan wakil bupati yang merupakan janji atau komitmen politik kepada masyarakat.

"Tugas seorang pejabat sekelas sekda itu sangat berat, untuk itu figur yang terpilih harus memiliki kompetensi, kapasitas, integritas, pengabdian yang tinggi terutama loyalitas kepada kepala daerah sesuai amanat undang-undang, dimana dijelaskan sekda sebagai pembantu tugas-tugas kepala daerah," ujarnya.

Bupati berharap pengabdian yang sudah dilalui oleh Sekda definitif ini bisa menjadi modal untuk bisa menguasai semua potensi yang ada di kabupaten Keerom, selain itu juga dapat menyesuaikan tugas dan tanggung sesuai dengan harapan kepala daerah lebih khususnya masyarakat Keerom.

Dalam kesempatan tersebut mantan dosen UNIPA itu juga tidak lupa mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada  Daniel Panca Pasanda atas pengabdian selama menjabat sebagai Pejabat Sekda Keerom.

Dikesempatan yang sama Sekda Keerom yang baru, Trisiswanda Indra menyampaikan bahwa langkah awal yang harus dilakukan adalah penataan perangkat daerah dan meningkatkan disiplin ASN dan lebih khususnya lagi melakukan penjabaran visi misi bupati dan wakil bupati.

"ASN ini kita berikan ruang agar bisa bekerja dengan strategis dan efektif sesuai dengan ketentuan yang ada. Karena ASN ini merupakan bagian terpenting juga dalam menjabarkan visi dan misi kepala daerah," tutur Indra.

Mantan kepala BPKAD Kabupaten Keerom ini menambahkan salah satu yang menjadi prioritas usai dirinya dilantik adalah mempertahankan WTP.

"Tentu kita harus komitmen seperti tahun lalu, bagaimana caranya agar bisa menerapkan disiplin pengelolaan anggarananggaran, mulai dari laporan tepat waktu dan penertiban aset daerah," tuturnya.

Sementara itu Waket 1 DPRD Keerom, Syahabuddin menyampaikan bahwa peran seorang Sekda dalam sebuah pemerintahan itu sangat penting.

Lanjut Syahabuddin, seorang Sekda harus mampu menerjemahkan visi misi atau janji politik kepala daerah dalam sebuah dokumen perencanaan.

"Selain itu Sekda juga berperan penting dalam tata laksana terutama di organisasi pemerintahan, untuk itu Sekda harus cakap, dalam hal ini bagaimana dia harus memberikan arahan kepada kepala SKPD dan juga harus bisa bangun komunikasi dengan mitra-mitra pemerintah," ungkapnya.

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV