SUARA INDONESIA

Pemuda di Madiun Koleksi Tanaman Pemakan Serangga

Prabasantosa - 01 October 2021 | 20:10
Peristiwa Daerah Pemuda di Madiun Koleksi Tanaman Pemakan Serangga

MADIUN - Fatkhul Roin (23) seorang pemuda asal Madiun, Jawa Timur memiliki kesibukan yang unik. 

Pemuda asal Desa Kepel, Kecamatan Kare ini mengoleksi berbagai macam tanaman Carnivora atau jenis tanaman pemakan serangga.

Ada berbagai macam jenis dengan jumlah ratusan tanaman yang kini ia koleksi di rumahnya.

"Saya mulai mengkoleksi tanaman jenis carnivora sejak awal masa pandemi covid-19. Koleksi pertama adalah jenis kantong semar atau bernama latin nepenthes," ujarnya.

Pihaknya menyebutkan sekitar 10 macam jenis tanaman carnivora yang ia koleksi saat ini, diantaranya X-adriani, Adriani, Sarracenia, Blue Sea, Byblis Liniflora dan Oreophila.

"Selain anake amacam jenis tadi, ia juga memiliki 15 macam species kantong semar yang merupakan endemik Indonesia," tuturnya.

Dijelaskannya, untuk perawatan tidak semudah yang dibayangkan, diperlukan berbagai metode khusus agar tanaman dapat terus hidup mulai bibit hingga tumbuh besar, seperti salah satunya dengan pemberian pakan, penyesuaian iklim, suhu, sinar matahari, hingga teknik penyiraman yang benar, sesuai karakter dengan jenisnya.

"Memang terlihat mudah untuk merawatnya, namun jika saya tidak serius merawatnya maka tanaman jenis tersebut akan mati, dan perawatannya juga memiliki teknik tersendiri," ujarnya.

"Saya bisa fokus merawat tanaman carnivora ini, karena saya sudah jenuh dengan situasi pandemi covid-19 yang tidak akhirnya, sehingga saya bisa fokus merawat sekaligus menjadi kolektor dan memang saya hobby dengan tanaman Carnivora," lanjutnya.

Pewarta : Prabasantosa
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV