SUARA INDONESIA

Segera Buka Seleksi Jabatan Pratama, Bupati Keerom Minta Anak Asli Jadi Prioritas Tapi Ini Persyaratannya

Mustakim Ali - 12 October 2021 | 07:10 - Dibaca 746 kali
Peristiwa Daerah Segera Buka Seleksi Jabatan Pratama, Bupati Keerom Minta Anak Asli Jadi Prioritas Tapi Ini Persyaratannya
Bupati Keerom, Piter Gusbager saat memimpin rapat persiapan jelang seleksi terbuka jabatan pertama, Senin (11/10/2021).

KEEROM - Dalam dekat Pemkab Keerom akan segera membuka lowongan untuk pengisian Jabatan Pejabat Pratama di lingkungan Pemkab Keerom yang dibuka untuk ASN di Keerom maupun luar Keerom.

Pimpinan Pemkab Keerom telah menggelar rapat persiapan yang dipimpin langsung Bupati Keerom, Piter Gusbager, Wakil Bupati, Wahfir Kosasih, Sekda, Trisiswanda Indra dan Kepala BKPSDM Keerom, Lukas Saranga yang berlangsung di ruang kerja Bupati Keerom, pada Senin (11/10/21).

Kepada awak media Bupati Keerom, Piter Gusbager menyampaikan bahwa, sesuai Perda Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang baru maka dalam waktu satu atau dua minggu kedepan Pemkab Keerom akan membuka seleksi pejabat pratama.

Piter Gusbager berharap agar ASN yang berminat untuk mempersiapkan diri dalam seleksi atau lowongan tersebut.

‘’Seleksi ini terbuka, jadi tidak hanya untuk ASN Keerom, namun juga untuk ASN dari luar Keerom," ujar bupati.

Piter Gusbager minta kepada ASN Keerom yang memenuhi syarat dan telah menyiapkan diri untuk menduduki posisi eselon II untuk segera bersiap diri dan kelengkapannya.

Kata Ketua KNPI Keerom itu, proses ini butuh seminggu atau dua minggu karena Pemkab Keerom masih menunggu izin BKN dan Komisi ASN.

‘’Sesuai ketentuan, itu merupakan syarat (mendapat izin atas dibukanya seleksi). Kita berharap proses ini bisa berjalan lancar tahun ini sehingga di tahun anggaran kedepan (APBD Keerom), sudah dilaksanakan dalam struktur kelembagaan yang baru,’’ ungkapnya.

Bupati juga menerangkan untuk melaksanakan seleksi tersebut akan dibentuk tim seleksi, untuk pembentukannya bupati selaku pejabat pembina kepegawaian di lingkungan Pemkab Keerom akan melakukan koordinasi dengan Sekda dan dinas terkait.

‘’Kalau dulu dikenal adanya Baperjakat, maka untuk sekarang tim seleksi yang bersifat independen. Maka tentunya kita akan persiapkan adanya tim seleksi yang akan bekerja mandiri dan independent," bebernya.

Lanjut Bupati, Dalam seminggu atau dua minggu akan diumumkan ketentuannya, dan juga dalam minggu ini akan segera kita buatkkan Perbup-nya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati menekanan bahwa jabatan yang akan diisi adalah jabatan karier maka penilaian bagi ASN yang berminat tentunya harus memenuhi kriteria dan penilaian untuk mendudukinya.

‘’Pertama, ini adalah jabatan karier. Jadi baik Kadinas, Kabid atau pejabat eselon III lain, tentunya ada penilaian selain pangkat. Tentu saja integritas, loyalitas dan kedisiplinan harus melekat di diri seorang ASN sehingga bisa dipercaya pimpinan,’’ ujarnya.

Namun diakuinya, bahwa menyangkut aspek kearifan local juga akan diperhatikan, yaitu terkait pemberdayaan anak asli Keerom.

‘’Pemberdayaan anak asli Keerom itu juga prioritas namun selain itu yang penting adalah harus dibackup dengan kemampuan diri. Kompetisi hari ini bukan saya anak asli jadi syarat yang lain diabaikan. Tapi terkait pangkat, integritas, loyalitas dan disiplin, semua harus melekat,’’ tutupnya.(Advetorial)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV