SUARA INDONESIA

Banyak Penyedia Jasa di Kabupaten Purworejo Tidak Perhatikan SDM

Agus Sulistya - 13 October 2021 | 20:10 - Dibaca 1.17k kali
Peristiwa Daerah Banyak Penyedia Jasa di Kabupaten Purworejo Tidak Perhatikan SDM
Suasana kegiatan sertifikasi tenaga terampil operator alat berat di ruang arahiwang Kabupaten Purworejo

PURWOREJO - Kegiatan Sertifikasi Tenaga Terampil Operator Alat Berat (Operator Road Roller) dan Sertifikasi Tenaga Laboratorium (Teknisi Lab. Beton) digelar oleh Pemkab Purworejo melalui Dinas PUPR Purworejo, di ruang Arahiwang Kantor Bupati Purworejo, Jawa Tengah, Rabu (13/10/2021).

Acara tersebut dibuka oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Boedhi Hardjono yang digelar mulai hari Rabu 13/10/2021 sampai hari Kamis 14/10/2021.

Boedhi Hardjono selaku Asisten Ekonomi dan Pembangunan menyampaikan, terima kasih kepada Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya yang telah bersinergi baik dengan DPUPR sehingga bisa terwujud acara tersebut.

"Semoga nantinya para peserta dapat mempedomani dan memahami kebijakan dan regulasi dari pemerintah didalam dunia konstruksi," ucapnya.

Lebih lanjut, Boedhi mengatakan, bahwa dari hasil evaluasi kondisi di Kabupaten Purworejo sekarang ternyata masih banyak penyedia jasa yang masih kurang memperhatikan sumber daya manusianya. 

"Padahal sumber daya manusia dari penyedia menjadi salah satu faktor baik buruknya kualitas bangunan baik dari segi perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasan," katanya.

Boedhi berharap, antara pelaksanaan, pengawasan dan perencanaan harus terintregasi dan terjalin hubungan yang harmonis dari ketiga unsur tersebut.

“Jangan malah pengawasnya yang diawasi sama penyedia, ini praktek yang sering dijumpai dilapangan,” harapnya.

Ditambahkanya, bahwa industri sekarang, semua dituntut untuk berkompetensi agar dapat menghasilkan pekerjaan dengan kualitas baik.

“Jangan sampai kalah dengan tenag-tenaga dari luar, saya yakin teman-teman semua mampu kok, bisa. Lha monggo nanti kegiatan ini diikuti dengan serius agar meningkatkan kapasitas dan kapabilitas jenengan semua,” imbuhnya.

Sementara itu, Suranto selaku Kepala Dinas PUPR Purworejo mengatakan, bahwa acara tersebut, semula akan dilaksanakan pada bulan Juli namun terpaksa ditunda karena masih PPKM.

"Acara ini merupakan hasil kerjasama dari Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya dan Dinas PUPR Kabupaten Purworejo," katanya.

Suranto berharap, kegiatan dibidang jasa konstruksi tersebut mendapat support dan fasilitasi dari Balai Jasa Konstruksi, sehingga dapat menjadi agenda rutin di tahun anggaran yang akan datang.

“Untuk peserta yang mengikuti ada tenaga terampil operator alat berat sebanyak 29 orang dan sertifikasi tenaga laboratorium sebanyak 26 orang yang berasal dari dunia konstruksi di wilayah Kabupaten Purworejo," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV