SUARA INDONESIA

Perkemahan Lintas Agama Wujud Nyata Bhinneka Tunggal Ika di Jember

Wilda Natasya - 06 November 2021 | 16:11
Peristiwa Daerah Perkemahan Lintas Agama Wujud Nyata Bhinneka Tunggal Ika di Jember

JEMBER- Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional dan Sumpah Pemuda, forum Silaturrahmi Lintas Agama dan Elemen Masyarakat (Sila Emas) Kabupaten Jember menggelar kemah kebangsaan pemuda-pemudi lintas agama, Sabtu (6/11/2021).

Kegiatan yang mengusung tema “Milenial Pelopor Moderasi Beragama” tersebut diikuti oleh lima puluh pemuda pemudi yang ada di Kabupaten Jember dan digelar selama dua hari sejak Sabtu (6/11/2021) hingga Minggu (7/11/2021).

Koordinator Sila Emas Igniatus Sumariyadi menjelaskan, gelaran kemah lintas agama bertujuan untuk menciptakan Kabupaten Jember sebagai wilayah yang damai, rukun dan harmonis.

Menurutnya, forum tersebut merupakan rumah besar bagi seluruh elemen masyarakat, termasuk organisasi masyarakat (Ormas) keagamaan, untuk saling bertukar pikiran dan berbagi pengalaman guna menciptakan keselarasan cita-cita agar Jember lebih baik.

“Disini bisa saling berbagi rasa, sharing pengalaman. Agar kita bisa menyatukan cita-cita yang sama untuk menciptakan Jember yang damai, rukun dan harmonis,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Soswanto dalam sambutannya mengatakan, agenda tersebut merupakan salah satu wujud nyata dari semboyan negara Indonesia yakni Bhinneka Tunggal Ika.

“Kita harus bisa bersama-sama hidup dalam keberagaman secara berdampingan, kita jaga negeri ini bersama, wujudkan apa itu Bhinneka Tunggal Ika,” katanya.

Hendy meminta agar melalui kegiatan kemah lintas agama para peserta mampu mewujudkan kekompakan, gotong royong, rasa kebersamaan dan meningkatkan toleransi antar sesama masyarakat di Jember, terutama di kalangan pemuda.

“Kita wujudkan silaturrahmi, kencangkan hubungan antara satu dengan yang lain. Kita jalin kebersamaan dengan orang-orang di sekitar kita,” tandasnya.



Pewarta : Wilda Natasya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV