SUARA INDONESIA

Waspada! Surabaya Potensi Banjir Rob pada Awal Desember

Lukman Hadi - 06 December 2021 | 14:12 - Dibaca 1.41k kali
Peristiwa Daerah Waspada! Surabaya Potensi Banjir Rob pada Awal Desember
Pemkot Surabaya. (Foto: Istimewa).

SURABAYA - Masuk musim penghujan, ancaman banjir rob kini tengah "mengancam" Kota Surabaya. Warga diimbau selalu waspada.

Melalui Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, mengeluarkan peringatan dini potensi banjir rob akibat fenomena pasang maksimum air laut. 

Diperkirakan banjir rob akan terjadi mulai 2-7 Desember 2021, sekitar pukul 21.00 - 24.00 WIB di kawasan pesisir Surabaya dan sekitarnya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Bantu Penanganan Bencana Erupsi Gunung Semeru

Menanggapi peringatan dini potensi banjir rob tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyiapkan sejumlah langkah antisipasi, terutama yang ada di pesisir Kota Surabaya. Apalagi, ketinggian air diprediksi mencapai 1,5 meter dari permukaan laut di wilayah pesisir.

Salah satu upaya pemkot, yakni memasang Videotron/WID yang selalu update memberikan informasi terkait tinggi gelombang, kecepatan angin dan cuaca di pesisir pantai.

Selain itu, pemkot telah melakukan pelatihan praktek evakuasi mandiri untuk warga pesisir. Tentunya, dengan mengikuti jalur evakuasi yang sudah ditentukan menuju Assembly Point (titik kumpul) yang sudah ditentukan pula.

Baca Juga: Warga Surabaya Alami Diskriminasi Larangan Pemasangan Bendera Merah Putih

"Sehingga kita berharap apabila ada tanda-tanda akan terjadi gelombang tinggi air laut yang terdapat di videotron, dengan ketinggian di atas 2,5 meter atau pasang air laut di atas 150 cm dan kecepatan angin di atas 20 knot atau 37 km/jam, maka kita berharap warga bisa melakukan evaluasi mandiri tanpa harus menunggu bantuan," kata Kepala BPB Linmas Surabaya, Irvan Widiyanto.

Pemkot juga sudah menyiapkan langkah antisipasi apabila potensi bencana banjir rob dengan gelombang tinggi. Posko siaga bakal didirikan di beberapa titik, seperti Romokalisari, Sontoh Laut dan Taman Suroboyo.

"Mereka akan dibekali peralatan mulai dari perahu karet bermesin, pelampung, ringbuoy, tali, genset, lampu dan beberapa peralatan lainnya," terangnya.

Baca Juga: Pusat Data Cyber Terbakar, Akses Layanan 112 di Surabaya Putus Koneksi, Begini Respon Pemkot

Di satu sisi, warga Surabaya diminta untuk tetap waspada dan paling penting saat terjadi kedaruratan segera menghubungi Command Center 112. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya