SUARA INDONESIA

Tingkatkan Kemampuan, Puluhan Personel Basarnas Cilacap Ikuti Pelatihan Teknik Pertolongan di Air

Agus Sulistya - 06 June 2022 | 12:06 - Dibaca 1.79k kali
Peristiwa Daerah Tingkatkan Kemampuan, Puluhan Personel Basarnas Cilacap Ikuti Pelatihan Teknik Pertolongan di Air
Puluhan personel SAR Basarnas Cilacap mengikuti pelatihan teknik pertolongan di air yang digelar Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap

CILACAP - Puluhan personel SAR Basarnas Cilacap mengikuti pelatihan teknik pertolongan di air yang digelar Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap. Pelatihan dimulai pada 6 Juni hingga 11 Juni 2022 mendatang. 

Kepala Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap, I Nyoman Sidakarya mengatakan, pelatihan personel SAR ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan jika terjadi bencana. 

Lanjut dia, hususnya, di air sesuai dengan program kerja melaksanakan latihan regu dan satuan di permukaan air. 

"Latihan ini merupakan rangkaian yang kita simulasikan, jadi dari latihan harian yang setiap hari kita latih, kemudian kita latihan dengan regu untuk menguji kemampuan, kekompakan mereka dalam melaksanakan pertolongan,” jelasnya, Senin (6/6/2022). 

Dari latihan regu tersebut, kata dia, akan dilakukan simulasi di medan yang sesungguhnya yaitu latihan pertolongan air dan Pelaksanaan pelatihan untuk beregu dilakukan selama dua hari dan dua hari dalam satuan.

Diketahui, sebanyak 22 personel yang dilatih itu adalah Rescuer untuk meningkatkan kemampuan mereka agar lebih kedepan mereka lebih profesional dalam melaksanakan tugas.

“Proses latihan kita mulai dari teori di dalam kelas. Sementara, untuk latihan praktek di kolam dan Pantai Teluk Penyu," bebernya.

Pihaknya berharap melalui pelatihan Pertolongan di air, personel SAR bisa memberikan pertolongan dengan maksimal kepada korban apabila ada terjadi musibah atau kecelakaan di air nantinya.

Sebelum pelatihan, Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap menggelar upacara pembukaan pelatihan terlebih dahulu dipimpin Kepala Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap, I Nyoman Sidakarya. (Satria Galih Saputra)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV