SUARA INDONESIA

Pembangunan wisata Olahraga, Perijinannya masih diproses, secara elektronik

Syamsuri - 15 June 2022 | 18:06
Peristiwa Daerah Pembangunan wisata Olahraga, Perijinannya masih diproses, secara elektronik

SITUBONDO - Pengurusan perizinan reklamasi untuk pembangunan wisata olahraga bahari di Desa/ Kecamatan Bungatan, Situbondo, Jawa Timur, dalam proses ke Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan. 

Proses pengurusan sudah teregistrasi di sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik, Rabu (15/6/2022). 

Direktur PT Jasalindo/Pasir Putih Water Sport Situbondo, Armand Van Kempen, mengatakan bahwa pihaknya hanya tinggal menunggu izin reklamasi turun, karena telah melengkapi dokumen-dokumen perizinan yang disyaratkan oleh Lembaga One Single Submission (OSS) atau sistem perijinan berusaha terintegrasi secara elektronik.

"Pada bulai Mei 2022 sudah teregistrasi di OSS, dan kami sudah melengkapi dokumen dan kajian-kajian terkait wisata olahraga yang kami bangun ini," kata Armand. 

Ia mengemukakan bahwa mengurus perizinan reklamasi tidak mudah, terlebih saat itu terbentur dengan masa peralihan izin manual ke daring.

Pada akhir 2021, pihaknya juga mendapatkan surat rekomendasi dari Bupati Situbondo Karna Suswandi yang menunjuk Pasir Putih Water Sport menjadi venue Porprov Jatim 2022.

Adapun tiga arena olahraga untuk Porprov Jatim 2022 yang ditempatkan di Pasir Putih Water Sport, yakni cabang olahraga panjat tebing, voli pantai, dan renang di perairan terbuka (open water swimming/OWS).

"Kami sudah menyerahkan hasil kajian-kajian terkait wisata olahraga bahari ini ke Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jadi, sudah sesuai aturan dan berproses," ucapnya.

Armand menceritakan, keinginannya untuk membangun wisata olahraga bahari berawal dari adanya pemusatan latihan di Pasir Putih Water Sport, pada pesta olahraga Asian Games cabang olahraga Triathlon 2018.

Keinginan membangun wisata olahraga itu seiring dengan gagasan Bupati Situbondo kala itu, yang menginginkan adanya wisata olahraga di pesisir pantai Situbondo.

"Saat itu juga saya langsung urus izin lokasi dan izin lainnya, termasuk mengurus izin lingkungan. Dan itu sudah semua kami lakukan," ujarnya.

Di kawasan Pasir Putih Water Sport menjadi arena tiga cabang olahraga, yakni panjat tebing, voli pantai dan renang di perairan terbuka. Pengerjaannya sudah mencapai 90 persen, karena masih ada sebagian yang belum rampung.

Pengelola Jasalindo/ Pasir Putih Water Sport memastikan pada 18 Juni 2022 ketiga venue untuk tiga cabang olahraga tersebut sudah bisa digunakan. Pembukaan Porprov Jatim Ke-VII akan dibuka pada 25 Juni 2022, di Jember Sport Garden (JSG) di Kabupaten Jember.

Pewarta : Syamsuri
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya