SUARA INDONESIA

Momen Bahagia Puluhan Pasangan Siri di Banyuwangi Ikuti Isbat Nikah Gratis

Muhammad Nurul Yaqin - 24 June 2022 | 10:06 - Dibaca 1.15k kali
Peristiwa Daerah Momen Bahagia Puluhan Pasangan Siri di Banyuwangi Ikuti Isbat Nikah Gratis
Isbat nikah gratis yang difasilitasi Polresta Banyuwangi, Jumat (24/6/2022). (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI- Sebanyak 59 pasangan nikah siri di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mengikuti isbat nikah gratis, Jumat (24/6/2022), di Desa Jelun, Kecamatan Licin.

Isbat nikah massal itu difasilitasi Polresta Banyuwangi, bekerjasama dengan Pengadilan Agama (PA) serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

Kapolresta Banyuwangi, AKBP Deddy Four Millewa mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, agar memiliki status hukum yang sah secara agama maupun negara.

Dalam Isbat nikah itu, Polresta Banyuwangi mengusung tema "Nikah Sah dijalan Allah". Pasangan yang ikut tersebar di empat Kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

"Kami sangat berterimakasih kepada seluruh pasangan, yang telah mau menikah dijalan Allah. Sehingga ketika semua pasangan sah, maka mereka memiliki kepastian hukum yang jelas," ucap Mille.

Mille berharap Isbat nikah gratis ini bisa membantu seluruh masyarakat. Terutama mendapatkan buku nikah untuk membantu mereka mendapatkan legalitas, kepastian hukum, dan dapat melakukan pengurusan kependudukan.

"Ketika para pasangan memiliki buku nikah, maka mereka bisa melakukan pengurusan kependudukan dengan mudah. Sehingga, selain sah dimata Allah juga sah di mata hukum," jelasnya.

Dalam kegiatan itu, Polresta Banyuwangi juga memfasilitasi pengobatan gratis untuk warga membutuhkan. Program ini masih dalam rangkaian menyambut HUT Bhayangkara ke-76, Polresta Banyuwangi terus menebar kebaikan. 

Salah satu peserta Isbat Nikah, Samsul (52), dari Lingkungan Payaman, Kelurahan Giri, mengaku senang dengan adanya isbat nikah. Karena pihaknya bisa mendapatkan kepastian hukum dalam pernikahannya.

"Saya sendiri sudah nikah siri sejak Januari 2022 lalu, sejak itu saya tidak bisa melakukan pengurusan kependudukan. Adanya isbat nikah ini bisa membantu saya maupun masyarakat lainnya," ungkap Samsul. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya