SUARA INDONESIA

Banjir Rob Situbondo Sebabkan Kemacetan Mengular 2 Kilometer Menuju Ketapang Banyuwangi

Muhammad Nurul Yaqin - 24 December 2022 | 11:12 - Dibaca 2.00k kali
Peristiwa Daerah Banjir Rob Situbondo Sebabkan Kemacetan Mengular 2 Kilometer Menuju Ketapang Banyuwangi
Arus lalu lintas menuju Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi, mulai lengang sekitar pukul 08.00 WIB, Sabtu (24/12/2022). (Istimewa).

BANYUWANGI - Banjir rob yang terjadi di Kabupaten Situbondo sempat menyebabkan kemacetan cukup panjang menuju arah Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi.

Arus lalu lintas menuju pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi dari arah Situbondo sempat tersendat selama kurang lebih 5 jam.

Kemacetan mengular sekitar 2 kilometer terjadi mulai dari Terminal Sritanjung hingga pintu masuk ke ASDP Ketapang, Sabtu (24/12/2022) sekitar pukul 03.00 WIB. Arus lalu lintas baru bisa diurai sekitar pukul 08.00 WIB.

Kanit Turjawali Satlantas Polresta Banyuwangi, Iptu Budi Mujiono mengatakan, kepadatan arus lalu lintas yang terjadi merupakan dampak adanya air rob di wilayah Situbondo yang terjadi pada Jumat (23/12/2022) malam.

Jalan di wilayah itu tergenang air cukup tinggi, hingga tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan.

Selain itu, juga terjadi pohon tumbang yang melintang di jalan di wilayah Asembagus, Situbondo.

 "Polantas setempat mengatur skema penghentian kendaraan sementara hingga air cukup surut. Dan juga menunggu evakuasi pohon selesai baru arus dibuka kembali," kata Iptu Budi kepada wartawan.

Dampaknya, lanjut Budi, terjadi kepadatan arus lalu lintas dari Situbondo menuju ke Banyuwangi.

Satlantas Banyuwangi kemudian menerapkan skema untuk mengurai kepadatan kendaraan yang menuju ke pelabuhan ASDP Ketapang.

"Selain kami aktifkan jalur lingkar Ketapang, kami juga aktifkan beberapa kantong parkir. Akhirnya pagi sekitar pukul 08.00 WIB kepadatan berangsur-angsur dapat terurai," ujarnya.

Sebagai informasi, jelang natal dan tahun baru 2023, kendaraan yang hendak menyebrang ke Bali meningkat tajam dan terbilang sudah berada di atas normal. 

Berdasarkan data ASDP Ketapang sementara ada 20.373 penumpang dari Pulau Jawa yang telah diseberangkan menuju Pulau Bali. Sementara jumlah kendaraan tercatat sebanyak 5.242 baik kendaraan pribadi maupun logistik.

Sedangkan dari Gilimanuk, Bali menuju Ketapang Banyuwangi tercatat ada 22.414 penumpang dengan 5.322 kendaraan.

Untuk memenuhi kebutuhan itu, pihak ASDP mengoperasikan 28 hingga 32 unit kapal setiap harinya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV