SUARA INDONESIA

Kegiatan Pemaprasan Pohon di Jember, Manager PLN: Aliran Listrik Padam 1-3 Jam

Muhamad Hatta - 24 January 2023 | 13:01 - Dibaca 1.43k kali
Peristiwa Daerah Kegiatan Pemaprasan Pohon di Jember, Manager PLN: Aliran Listrik Padam 1-3 Jam
Proses pemaprasan pohon yang dilakukn petugas

JEMBER - Kegiatan pemaprasan pohon dilakukan di tiga wilayah kecamatan Kota Jember. Dimana titik lokasi sasaran ada di wilayah Kecamatan Patrang, Kaliwates, dan Sumbersari.

Untuk kegiatan awal yang dilakukan oleh Tim Gerpas (Gerakan Perempesan) pohon itu. Dilakukan di sepanjang Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, Jember. 

Untuk sasaran pohon yang akan dilakukan pemaprasan oleh Tim Gerpas Pohon itu, ada sekitar 300 pohon di sepanjang Jalan Letjen Suprapto. Kemudin akan dilanjutkan di wilayah lain, sesuai dengan pohon-pohon yang sudah diberikan tanda oleh petugas.

Kata Kepala BPBD Jember Sigit Akbari, total sasaran pohon yang akan dilakukan pemaprasan ada kurang lebih 778 pohon.

“Dari perempatan Gladak Kembar sampai Markas Yon Armed 9 Jember. Karena banyak pohon tinggi di sini. Penutupan total jalan ini, agar pelaksanaan perempesan pohon ini berjalan lancar. Nantinya untuk proses ini akan berlangsung 3 hari. Hari ini tutup total dulu sepanjang jalan kurang lebih 2 km, kemudian besok mungkin dilakukan buka tutup, dan hari ketiga akan lebih banyak lagi sasaran lain,” ujar Sigit saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Selasa (24/1/2023).

Dalam kegiatan pemaprasan pohon yang dilakukan, lebih lanjut Sigit menyampaikan, untuk lokasi titik sasaran pemaprasan pohon di jalan. Berada di tiga wilayah kecamatan kota.

“Diantaranya Kecamatan Patrang, Sumbersari, dan Kaliwates. Dengan sasaran pohon yang sudah ditandai targetnya sekitar 300 pohon untuk wilayah saat ini (sepanjang Jalan Letjen Suprapto). Kalau total keseluruhan pohon ada sekitar 778 pohon,” ujarnya.

“Kalau tidak selesai tiga hari ini, ya nantinya kita ada tim kabupaten yang disebut Gerpas itu. Nanti secara berkala melakukan di titik-titik rawan yang sudah ditentukan,” katanya.

Sementara itu, menurut Manager PLN UP3 Jember Dasih Listyanto untuk kegiatan pemaprasan pohon yang dilakukan. Dengan terpaksa, katanya, juga dilakukan pemadaman aliran listrik dibeberapa wilayah di Jember.

“Untuk kegiatan Gerpas yang diinisiasi oleh Bapak Bupati Jember. Nanti dilaksanakan di beberapa wilayah, juga dimungkinkan dilakukan pemadaman (arus listrik) sementara. Namun demikian, terkait pemadaman ini. Nantinya diupayakan pemadaman ini bisa diminimalkan. Artinya juga bisa tidak terlalu lama, hanya 1-3 jam,” kata Dasih.

Namun demikian, lanjutnya, dengan dilakukan pemadaman aliran listrik. Nantinya tidak dilakukan secara serentak.

“Tapi dibagi menjadi beberapa lokasi. Mungkin juga bergantian atau bertahap,” katanya.

“Namun demikian, kami juga mengupayakan tidak sampai dilakukan pemadaman. Istilahnya melakukan manuver jaringan. Untuk pemadaman ini nantinya akan dilakukan di wilayah Jember kota, sekitar kecamatan Ambulu, dan Rambipuji,” imbuhnya menjelaskan.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhamad Hatta
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV