SUARA INDONESIA

DPRD Situbondo Apresiasi Pemkab Terkait Pekerjaan Proyek Dilaksanakan Awal Tahun

Syamsuri - 15 February 2023 | 18:02 - Dibaca 981 kali
Peristiwa Daerah DPRD Situbondo Apresiasi Pemkab Terkait Pekerjaan Proyek Dilaksanakan Awal Tahun
Komisi III DPRD Situbondo saat melakukan Rapat Koordinasi bersama Dinas PUPP di kantor DPRD Situbondo, (Foto : Syamsuri/Suara Indonesia)

SITUBONDO - Ketua Komisi III DPRD Situbondo, sangat mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Situbondo, sebab baru kali ini pelaksanaan pekerjaan proyek bisa dilaksanakan awal tahun di Kabupaten Situbondo. 

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi III DPRD Situbondo, Arifin saat ditemui awak media seusai kegiatan pertemuan antara anggota komisi III DPRD dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Permukiman (DPUPP) Situbondo, Jawa Timur, Rabu (15/2/2023).

Menurutnya, Komisi III DPRD Situbondo pada bulan Januari 2023 lalu telah memanggil Kepala DPUPP dalam rangka untuk mengetahui progres pekerjaan per triwulan yang anggarannya dari APBD Pemkab Situbondo tahun 2023 di OPD tersebut. 

"Komisi III DPRD menginginkan agar semua kegiatan yang dilakukan oleh OPD selaku mitranya, pada setiap per triwulan sekali untuk melaporkan progres kegiatan kepada Komisi III DPRD Situbondo," kata Arifin.

Lebih lanjut, Arifin mengungkapkan, hal tersebut dilakukan agar semua kegiatan yang dilakukan oleh semua OPD yang menjadi mitra Komisi III DPRD dapat berjalan sesuai dengan rencana yang sudah ditentukan.

"Selain itu, pada rapat siang tadi kami juga telah menanyakan kepada Dinas PUPP terkait pelaksanaan pekerjaan infrastuktur untuk tahun anggaran 2023. Ternyata sudah ada dua pekerjaan proyek ruas jalan yang sudah dilaksanakan pada bulan Februari 2023, yakni Jalan ruas Alasmalang Kecamatan Panarukan dan jalan ruas Landangan - Wonokoyo, Kecamatan Kapongan," ungkapnya.

“Ini sungguh sangat luar biasa dan kami sangat mengapresiasi kinerja Pemerintahan sekarang ini karena kami menilai baru pertama kali pelaksanaan pekerjaan Infrastruktur bisa dikerjakan awal tahun,” beber politisi PPP tersebut.

Arifin berharap, kedepannya agar semua kegiatan program di semua OPD yang anggarannya berasal dari APBD Pemerintah Kabupaten Situbondo juga bisa dilaksanakan pada awal tahun, supaya masyarakat bisa cepat merasakan manfaatnya. 

"Apabila ini terus bisa dilakukan oleh seluruh OPD dampaknya sungguh sangat luar biasa terhadap pertumbuhan ekonomi Masyarakat di Situbondo, karena perputaran uang bisa merata. Kami juga mendorong agar semua kegiatan tidak molor seperti tahun tahun sebelumnya," harapnya.

"Bahkan kami menilai dengan dilaksanakannya kegiatan infrastruktur pada awal tahun atau pada triwulan pertama oleh DPUP, ini merupakan suatu kemajuan yang sangat luar biasa dan ini tidak pernah dilakukan pada tahun tahun sebelumnya," kata Arifin menambahkan

Tentu apa yang dilakukan oleh DPUPP ini, Kami selaku Ketua Komisi III sangat mengapresiasi karena yang dilakukan ini diluar kebiasaan, artinya baru kali ini ada kegiatan di Kabupaten Situbondo dilaksanakan pada awal tahun. 

"Biasanya di tahun tahun sebelumnya kegiatan pekerjaan Infrastruktur baru dimulai pada bulan Juni - Juli setiap tahunnya, itupun masih tahapan lelang dan eksekusinya baru dilaksanakan pada bulan Agustus," terangnya.

Arifin menambahkan, Komisi III DPRD mulai dari awal sudah menekankan kepada seluruh OPD yang menjadi mitranya agar kegiatan proyek di Kabupaten Situbondo ini bisa dilaksanakan pada bulan Pebruari 2023 atau triwulan pertama.

"Alhamdulillah apa yang menjadi kritikan dan saran Komisi III DPRD sudah bisa dilaksanakan dengan baik oleh DPUPP. Yakni ruas jalan Alasmalang Kecamatan Panarukan dan Ruas jalan Landangan - Wonokoyo Kecamatan Kapongan sudah bisa dikerjakan pada bulan Februari 2023," imbuhnya.

Menurutnya, ini merupakan sebuah prestasi Pemkab Situbondo dalam hal ini Dinas PUPP karena pada triwulan pertama sudah ada pekerjaan proyek ruas jalan yang sudah mulai dikerjakan. Tentu sungguh sangat luar biasa Pemerintahan yang sekarang ini, ujar Arifin sambil memuji muji. 

"Sungguh sangat luar biasa apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintahan sekarang ini, karena infrastruktur jalan yang rusak sudah diperbaiki, sebab, kalau tidak segera diperbaiki akan mengganggu jalannya roda perekonomian masyarakat dan anak anak sekolah," ungkapnya. 

Dijelaskannya, pada rapat tadi juga meminta kepada Dinas PUPP agar jalan menuju Alasmalang ditutup sementara, supaya kualitas jalan yang di bangun itu bagus. Hal ini dilakukan Karena jalan tersebut menggunakan rabat beton yang memerlukan waktu pengeringan yang cukup lama. 

"Tentunya dengan dilaksanakannya pekerjaan infrastruktur ruas jalan pada awal bulan Pebruari 2023 ini juga ada target penyelesaian progres pekerjaan sesuai dengan rencana yang sudah ditentukan," terangnya.

Lebih lanjut Arifin mengatakan, untuk anggaran kegiatan proyek ruas jalan di Alasmalang Kecamatan Panarukan kurang lebih Rp. 1,8 miliar, sedangkan untuk anggaran infrastruktur jalan ruas Kandang - Wonokoyo sebesar kurang lebih Rp.1,8 miliar. 

"Mudah-mudahan dengan dimulainya pekerjaan infrastruktur pada triwulan pertama ini bisa selesai sesuai dengan rencana yang sudah ditentukan. Sehingga masyarakat sudah bisa segera merasakan manfaatnya." pungkasnya. (Syam)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Yuni Amalia

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV