SUARA INDONESIA

Sosok Dibalik Aksi Pria Todongkan Pistol di Banyuwangi Terungkap

Muhammad Nurul Yaqin - 17 December 2021 | 19:12 - Dibaca 1.15k kali
Peristiwa Sosok Dibalik Aksi Pria Todongkan Pistol di Banyuwangi Terungkap
Kasat Reskrim Polresta Banyuwangi, AKP Iwan Hari Poerwanto saat memberikan keterangan pers, Jumat (17/12/2021). (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI- Sosok dibalik video viral berdurasi 19 dan 23 detik yang menunjukkan pria bertopi menodongkan barang mirip pistol di tempat keramaian di Kabupaten Banyuwangi terungkap.

Pelaku berinisial R, warga Dusun Kalisari, Desa Purwoasri, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi. Pelaku berhasil diamankan kepolisian di kediamannya.

"Pelaku sudah diamankan oleh anggota Buser Satreskrim Polresta Banyuwangi. Atas nama inisial R," kata Kasat Reskrim Polresta Banyuwangi, AKP Iwan Hari Poerwanto, Jumat (17/12/2021).

Iwan menegaskan, barang mirip pistol yang ditodongkan adalah asli. Pistol itu berjenis "Airsoft Gun".

"Jenis senjata sementara yang kita cek dan kita koordinasikan dengan rekan-rekan di Polda, itu adalah jenis Airsoft Gun," jelas Iwan saat dimintai keterangan sejumlah awak media.

Saat ditanya jeratan pasal yang nantinya dikenakan, pihak kepolisian belum memberikan keterangan lebih lengkap. Dikarenakan pelaku masih dalam pemeriksaan.

"Sekarang ini masih pendalaman, kita lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jeratan pasal masih kita dalami dulu," kata Iwan.

Iwan menambahkan, para saksi yang ada di TKP juga dipanggil ke Polresta Banyuwangi untuk dimintai keterangan.

Mengenai kabar bahwa pria yang melakukan penodongan bak aksi koboi itu, berprofesi sebagai Intel, namun AKP Iwan membantah kabar tersebut. 

Dari hasil penyelidikan sementara pelaku merupakan seorang pengangguran dan mengaku sebagai anggota Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia atau disingkat Perbakin di Pulau Dewata Bali.

"Memang ada kartunya, masih kami komunikasikan kebenarannya dengan rekan Perbakin. Saat ini terduga pelaku masih kami lakukan pemeriksaan lebih lanjut," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya warga Banyuwangi dihebohkan dengan dua video berdurasi 19 dan 23 detik yang menunjukkan aksi pria bertopi menodongkan pistol saat menonton sebuah hiburan seni jaranan, di Dusun Sukodadi, Desa Sraten, Kecamatan Cluring, Banyuwangi.

Aksi itu terjadi saat segerombolan pemuda yang juga menonton jaranan terlibat perselisihan. Pria itu kemudian mengambil pistol yang ditaruh di pinggangnya untuk kemudian ditodongkan ke arah para pemuda tersebut. 

Aksi itu terekam oleh kamera ponsel salah seorang warga dan akhirnya tersebar luas di media sosial. Dari hasil rekaman itu akhirnya polisi melakukan penyelidikan dan pelaku berhasil diamankan. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV