SUARA INDONESIA

Menampilkan Dalang Cilik, BKN Ngawi Sukses Sedot Ribuan Penonton

Ari Hermawan - 30 September 2022 | 19:09 - Dibaca 3.19k kali
Peristiwa Menampilkan Dalang Cilik, BKN Ngawi Sukses Sedot Ribuan Penonton
BKN PDI Perjuangan Kabupaten Ngawi gelar wayangan, pada Kamis (29/9/2022). Foto: Ari Hermawan/ Suara Indonesia.

NGAWI - Badan Kebudayaan Nasional (BKN) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Ngawi menggelar kesenian wayang kulit di Desa Semen, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, pada Kamis (29/9/2022) malam.

Pagelaran wayang kulit dengan menampilkan dalang cilik Ki Bernadio Aditya Prayoga itu, merupakan akhir dari pementasan yang sudah digelar BKN diberbagai pelosok desa yang ada di Ngawi sejak Juli 2022 lalu.

Mengambil lakon Gatotkoco Winisuda, selain menghadirkan UMKM lokal, pagelaran wayang kulit itu diklaim ketua BKN Ngawi Soeradji berhasil dan sukses mendatangkan ribuan penonton yang ada di Ngawi.

"PDI Perjuangan adalah partai yang konsisten, salah satunya melestarikan budaya nusantara. Pagelaran wayang kulit ini salah satunya, kita siapkan seribu kursi untuk penonton, dan semua terisi penuh," ujar Soeradji kepada SUARA INDONESIA.

Dikatakan Soeradji, pagelaran wayang kulit ini juga bertujuan mempererat persaudaraan sesama warga, disisi lain pagelaran wayang kulit ini juga untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat.

"Melalui wayang persatuan antar warga terjalin. Selain itu, dalam kesempatan ini BKN juga menghadirkan UMKM lokal, diharapkan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat," terangnya.

"Ada produk jamu tradisional yang kita hadirkan, kopi lokal, dan berbagai jenis UMKM lain. Tentu ini mendongkrak pendapatan ekonomi masyarakat, ekonomi bangkit," katanya menambahkan.

Diwaktu yang sama, turut hadir mantan Bupati Ngawi Budi Sulistyono alias kanang. Ia menjelaskan, pagelaran wayang ini selain uri-uri budaya jawa juga untuk mewujudkan budaya gotong royong.

"Melalui pagelaran wayang kulit ini, diharapkan seluruh komponen masyarakat bergotong royong menjaga budaya yang ada, jangan sampai terkikis budaya dari luar," terang Kanang.

Selain dihadiri Budi Sulistyono (kanang) Wakil ketua bidang kehormatan partai DPD PDI Perjuangan Jatim, Dwi Rianto Jatmiko Ketua DPC PDI Perjuangan Ngawi dan Soeradji Kapala BKN.

Wayang kulit dengan dalang cilik Ki Dio yang juga putra dari Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko itu turut disaksikan Ketua DPRD Ngawi Heru Kusnindar, seluruh camat di Kabupaten Ngawi dan kepala desa yang ada di Kecamatan Paron.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ari Hermawan
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV