SUARA INDONESIA

Wartawan Jatim Times, Somasi Oknum YouTuber Asal Jember

Magang - 10 January 2023 | 10:01 - Dibaca 1.73k kali
Peristiwa Wartawan Jatim Times, Somasi Oknum YouTuber Asal Jember
Wartawan Jatim Times, Moh.Ali Makrus (Foto: Istimewa)

JEMBER - Wartawan Jatim Times Biro Jember Moh.Ali Makrus, Senin (9/1/2023) melayangkan surat somasi salah satu pemilik akun Youtube Jitu TV.

Somasi ini, dilakukan menyusul tayangan yang ada di chanel tersebut yang dianggap sangat merugikan dirinya.

Ali menilai, oknum tersebut terkesan kurang memahami pakem jurnalisme dan tidak menguasai kode etik jurnalistik.

"Terlihat dari tayangan yang muncul, seperti tidak ada proses keredaksian," ujar Ali Selasa (10/1/2023).

Atas penayangan konten itu, sebagai wartawan yang sudah memiliki lisensi  Dewan Pers dirinya mengaku sangat dirugikan.

"Saya merasa dirugikan, karena saat membacakan narasi dengan kata 'gerombolan orang' ada gambar visual. Padahal saya sedang memberikan pendapat dalam pertemuan tersebut, “ ujar Ali menjelaskan.

Ali juga menyayangkan adanya rekaman tersebut tanpa seizin pihak-pihak yang menggelar pertemuan.

Pengambilan gambar pada saat pertemuan itu,  juga diambil secara sembunyi-sembunyi dan tidak ada izin, karena pertemuan tersebut adalah forum bukan untuk umum, meski berada di sebuah warung yang terbuka.

“Pertemuan itu kan bukan forum terbuka, seharusnya saat mengambil gambar juga izin, gambar tersebut diambil secara sembunyi-sembunyi, ya kalau situasi di tempat terbuka dan bisa dilihat orang banyak, siapa saja boleh mengambil gambar, tapi pertemuan itu forum khusus dan bukan untuk umum, ini yang saya sesalkan,” bebernya.

Menurut Ali,  profesi jurnalistik yang dinaungi oleh undang-undang. Harusnya, kata dia, harus YouTuber bisa membedakan jangan hanya terkesan mencari iklan adsense.

"Kami menduga, ini adalah bagian dari mencari sensasi dan iklan adsense saja," ucap Ali mencurigai.

Atas konten penayangan berita yang terkesan bernada provokasi itu, Ali memilih melakukan somasi kepada pengelola akun chanel Jitu TV dan mengancam akan mempolisikan oknum YouTuber tersebut.

"Kalau dia tidak mencabut dan meminta maaf secara terbuka, kami pastikan atasnama wartawan resmi yang sudah bersertifikat Dewan Pers, kami akan lapor Polres Jember," tegas Ali.

Ali juga menyatakan, bahwa saat dirinya mengirim somasi melalui aplikasi chating whatasapp, pihak Jitu TV juga sempat membalas, dan menjawab jika pihaknya bisanya memberikan ruang hak jawab dan klarifikasi kepada dirinya.

“Pihak Jitu TV sempat membalas chating saya, yang isinya sampai saat ini hanya bisa memberikan hak jawab dan klarifikasi atas tayangannya. Saya jawab atas dasar apa saya memberikan hak jawab dan klarifikasi, bagi saya hak jawab dan dan klarifikasi hanya diberikan kepada sebuah produk jurnalistik. Kami menduga, itu produk konten,” tegas Ali.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Magang
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV