SUARA INDONESIA

Guyub Rukun, Delapan Perguruan Silat di Banyuwangi Bagi Takjil Bareng

M Yainul Yaqin - 14 April 2023 | 20:04 - Dibaca 1.81k kali
Peristiwa Guyub Rukun, Delapan Perguruan Silat di Banyuwangi Bagi Takjil Bareng
Berbagai perguraan silat di Srono, Banyuwangi, Jawa Timur usai berbagi takjil (Foto: Istimewa)

BANYUWANGI - Kegiatan bagi takjil bersama yang dilakukan oleh delapan perguruan silat di Banyuwangi, Jawa Timur ini patut menjadi contoh.

Delapan perguruan silat itu terdiri dari Pagar Nusa, PSHW, PSHT, IKSPI Kera Sakti, Tapak Suci, Pamur, Persinas ASAD dan Persaudaraan Rasa Tunggal.

Para pendekar yang mempunyai wadah Paguyuban Kampung Pesilat Srono itu, berbagi kebahagiaan bersama para pengguna jalan di simpang tiga Srono, pada Jumat (14/4/2023) sore.

Menariknya, takjil yang dibagikan oleh anggota delapan perguruan silat tersebut berasal dari hasil iuran swadaya masing-masing perguruan.

"Setelah hasil iurannya terkumpul, kita beli takjil di para pedagang sekitar lokasi," kata Koordinator Paguyuban Kampung Pesilat Srono, Rizki Alfian Restiawan.

Menurutnya, kegiatan tersebut sebagai bagian dari upaya paguyuban untuk membantu pelaku UMKM lokal di bulan suci Ramadan.

Sekaligus mengenalkan kepada khalayak bahwa pencak silat tidak melulu identik dengan bela diri, namun juga sosial kemasyarakatan.

"Kalau dulu mungkin pesilat dikenal sebagai sosok yang menakutkan. Kini tidak, kami berusaha ada saat dibutuhkan masyarakat," tambah Sekretaris Paguyuban Kampung Pesilat Srono, M. Lutfi.

Lutfi bersama seluruh anggota di dalam Paguyuban Kampung Pesilat Srono, sepakat untuk membangun pencak silat cinta damai.

"Karena kita semua adalah saudara, maka menjadi guyup dan rukun, tanpa ada gesekan adalah hal paling penting dan mendasar," tandasnya.

Kapolsek Srono, AKP Achmad Junaidi mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh para pendekar yang tergabung dalam Paguyuban Kampung Pesilat Srono.

"Ini luar biasa. Kami bersama Forpimka akan terus support kegiatan positif sahabat-sahabat paguyuban. Tetap menjadi guyup dan rukun," pesan Junaidi.

Danramil Srono, Kapten Kav Handoko berharap, Paguyuban Kampung Pesilat Srono dapat menjadi tauladan yang baik untuk masyarakat.

"Hari ini saatnya berkolaborasi, menciptakan ide-ide gagasan yang baik. Menjadi bermanfaatlah untuk masyarakat, agar hidup kita selamat dunia akhirat," ungkap Danramil.

Dalam kesempatan tersebut, masing-masing perguruan diwakilkan oleh lima orang anggota. Terdiri dari empat anggota dan satu ketua perguruan.

Tak lupa, para Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga turut serta dalam kegiatan bagi-bagi takjil tersebut.

Sebagai informasi, Paguyuban Kampung Pesilat Srono merupakan wadah perkumpulan untuk perguruan silat di Kecamatan Srono.

Dalam paguyuban itu terdapat delapan anggota perguruan silat. Mereka dibina langsung oleh Forum Pimpinan Kecamatan, yang terdiri dari Kapolsek, Danramil dan Camat Srono.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M Yainul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV