SUARA INDONESIA

KPU Jombang Lakukan Mitigasi, Temukan Ada 57 TPS Rawan Bencana Banjir

Gono Dwi Santoso - 04 January 2024 | 17:01 - Dibaca 1.08k kali
Peristiwa KPU Jombang Lakukan Mitigasi, Temukan Ada 57 TPS Rawan Bencana Banjir
Simulasi Pemungutan Surat Suara dan Penghitungan Surat Suara oleh KPU Kabupaten Jombang pada Selasa (19/12/2023).( Foto : Gono Dwi Santoso/ Suara Indonesia).

 

SUARA INDONESIA, JOMBANG,- Empat puluh hari menuju hari pemungutan suara 14 Pebruari 2014, KPU Jombang terus melakukan persiapan persiapan,salah satunya melakukan mitigasi TPS yang berpotensi atau rawan bencana alam, mengingat pemilu serentak nanti bertepatan dengan musim penghujan.

Data yang diterima KPU Kabupaten Jombang dari koordinasi dengan PPK dan PPS   diperoleh informasi sebanyak 57 TPS di Kabupaten Jombang  yang rawan bencana alam banjir dan luapan air.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Jombang Abdul Wadud Burhan Abadi saat selesai Rakor Persiapan Penyampaian Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) dengan partai politik peserta pemilu di kantor KPU Jombang,Kamis (04/01/2024).

Ketua KPU Jombang,Abdul Wadud Burhan Abadi menjelaskan, KPU Jombang telah melakukan mitigasi TPS rawan Bencana dengan  melakukan koordinasi internal dengan jajaran Badan Adhoc PPK dan PPS se- Kabupaten Jombang.

Dari hasil koordinasi tersebut diperoleh informasi bahwa terdapat  57 TPS yang rawan bencana alam banjir dan luapan sungai ,diantaranya Kecamatan Mojoagung, Gudo,Ploso,Plandaan, Bareng, Mojowarno, Sumobito dan Jombang.

"Data ini kami peroleh dari Badan Adhoc kami yaitu, PPK dan PPS yang menjelaskan beberapa TPS yang rawan bencana alam pada pemilu serentak 14 Februari 2024 ,"terangnya.

Selain koordinasi internal dengan PPK dan PPS , KPU Jombang  juga telah  berkoordinasi dengan BPBD Jombang untuk mendapatkan data wilayah wilayah  yang  rawan bencana alam di Kabupaten Jombang pada saat hari pemungutan suara 14 Pebruari yang bertepatan dengan musim penghujan.

" Data wilayah rawan bencana dari BPBD Jombang akan kami sandingkan dengan keberadaan TPS  untuk memetakan TPS TPS mana yang berada dalam wilayah rawan bencana untuk kemudian bisa kami antisipasi ," terangnya.

Burhan menambahkan dari data yang KPU Jombang terima dari PPK dan PPS berdasar  pengalaman pemilu sebelumnya sebanyak 57 TPS tersebut rata-rata banjir dan luapan air.

" KPU Jombang akan berkoordinasi dengan stakeholder diwilayah masing-masing apabila sudah mendapatkan data dari BPBD Jombang terkait lokasi rawan bencana alam," pungkasnya(*).

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV