SUARA INDONESIA

Sebuah Rumah di Mesuji Nyaris Terbakar Akibat Kebocoran Tabung LPG

Lamhot Naibaho - 06 February 2024 | 21:02 - Dibaca 1.06k kali
Peristiwa Sebuah Rumah di Mesuji Nyaris Terbakar Akibat Kebocoran Tabung LPG
Petugas Damkartan Kabupaten Mesuji saat memadamkan api di Desa Berasan Makmur, akibat kebocoran gas LPG. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, MESUJI- Akibat tabung gas LPG bocor, rumah salah satu warga di Desa Berasan Makmur, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji, Lampung, nyaris terbakar pada Selasa siang (06/02/2024). Rumah tersebut milik Dedi Kurniawan (27) dan Alvia Nandari (26).

Menurut keterangan salah satu saksi, Andi (32), insiden itu diketahui ketika pemilik rumah berteriak meminta tolong membantu memadamkan api yang menyambar tabung gas LPG, ketika ia hendak memasak bersama suaminya.

"Saat itu, kami sedang duduk di teras depan rumah, tiba-tiba pemilik rumah berteriak minta tolong. Seketika itu, kami coba membantu memadamkan api, namun upaya belum berhasil malah luapan semakin membesar," ucap Andi, memaparkan kronologi kejadian.

Warga sekitar langsung menghubungi ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Kabupaten Mesuji yang berjarak tidak jauh dari lokasi kejadian. Tak berselang lama, petugas pemadam kebakaran datang dan memadamkan api.

"Alhamdulillah, ketika kami sedang paniknya petugas Damkartan Mesuji cepat tiba. Mereka langsung memadamkan api, sehingga kebakaran rumah tidak sampai terjadi," jelasnya.

Kepala Dinas Damkartan Kabupaten Mesuji, Yanuar Fitriyan, yang terjun langsung di tempat kejadian mengatakan, mengetahui hal itu personelnya langsung dikerahkan menuju lokasi.

"Tadi tepatnya di jam istirahat kurang lebih pukul 12.35 siang. Sesampainya di lokasi, api belum besar dan menyambar kebagian atap rumah, sehingga kami tidak sulit untuk memadamkan," terang Yanuar.

Dia pun mengimbau agar warga, khususnya pengguna kompor gas LPG agar lebih berhati-hati serta waspada dalam penggunaanya. Bila ada hal yang membahayakan segera lapor ke Damkartan.

"Jika terjadi insiden serupa lakukan tindakan kecil dan upayakan semua pintu dan ventilasi jendela terbuka. Segera laporkan ke petugas dan hindarkan kegiatan yang berdampak menimbulkan kebakaran," imbaunya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lamhot Naibaho
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV