SUARA INDONESIA

Dramatis, Damkar Hancurkan Tembok demi Padamkan Api yang Melalap Tempat Karaoke di Banyuwangi

Muhammad Nurul Yaqin - 29 February 2024 | 12:02 - Dibaca 567 kali
Peristiwa Dramatis, Damkar Hancurkan Tembok demi Padamkan Api yang Melalap Tempat Karaoke di Banyuwangi
Petugas damkar saat berjibaku menjinakkan api yang membakar tempat hiburan karaoke keluarga Grand Royal, Banyuwangi, Kamis (29/2/2024). (Foto: Tangkapan layar)

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Kebakaran hebat melanda sebuah tempat hiburan karaoke keluarga Grand Royal di Desa/Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Kebakaran terjadi pada Kamis (29/2/2024) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB. Kepulan asap tebal tiba-tiba muncul dari room karaoke nomor 22.

Api terus membesar hingga menjalar ke sejumlah ruangan karaoke lainnya. Beruntung api cepat dipadamkan oleh tim pemadam kebakaran, meski sempat mengalami kendala.

Proses pemadaman berlangsung dramatis, petugas kesulitan menjinakkan api lantaran bangunan tertutup rapat ditambah peralatan yang kurang memadai.

Petugas damkar harus menjebol dinding tembok di lokasi kebakaran demi menjinakkan api. 

Petugas tidak bisa langsung masuk lantaran terhambat asap tebal, ditambah tidak adanya tabung oksigen SCBA untuk alat bantu bernafas.

“Mau melewati lorong gedung tidak biasa lantaran tertutup asap tebal. Terpaksa kita bobol,” kata Kasi Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Damkar dan Penyelamatan Banyuwangi, Salam Bikwanto.

Proses pemadaman membutuhkan waktu yang lama. Petugas terus berjibaku dengan segala peralatan yang ada. Api kemudian berhasil dipadamkan sekitar 4 jam kemudian.

“Pukul 05.00 WIB api padam. Terus dilanjut pendinginan hingga pukul 06.30 WIB,” imbuhnya.

Petugas menduga, kebakaran dipicu karena korsleting listrik pada ruangan room karaoke nomor 22, titik awal kemunculan api.

“Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, hanya kerugian material,” ungkap Salam.

Sementara hingga kini, petugas masih melakukan pendataan kerugian yang dialami sang pemilik. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV