SUARA INDONESIA

Ratusan Rumah Warga Terendam Banjir usai Tanggul Sungai Jebol di Cilacap

Satria Galih Saputra - 01 March 2024 | 18:03 - Dibaca 1.33k kali
Peristiwa Ratusan Rumah Warga Terendam Banjir usai Tanggul Sungai Jebol di Cilacap
Wakapolresta Cilacap AKBP Arief Fajar Satria bersama unsur Forkopimcam Bantarsari saat meninjau lokasi banjir pasca tanggul sungai jebol di Desa Bantarsari. (Foto: Galih/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Ratusan rumah warga di Dusun Cikerang, Desa Bantarsari, Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, terendam banjir usai tanggul Sungai Cimeneng jebol pada Jumat (1/3/2024) pagi. 

Pasca kejadian, Wakapolresta Cilacap AKBP Arief Fajar Satria kemudian bergerak cepat meninjau langsung ke lokasi, didampingi unsur Forkopimcam Bantarsari. 

Wakapolresta Cilacap, AKBP Arief Fajar Satria saat meninjau lokasi mengatakan, insiden tersebut terjadi pukul 06.30 WIB. 

"Ada 150 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir di RT 01, 02, 03 RW 10, dan 500 orang diungsikan ke tempat yang aman," ujarnya. 

Sementara untuk meminimalisir dampak banjir, Wakapolresta menyampaikan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI-Polri beserta instansi terkait saat ini sedang melakukan upaya penanganan sementara dengan membendung aliran air yang meluap dari Sungai Cimeneng. 

"Pihak Kecamatan juga telah mengorganisir dapur umum guna memberikan bantuan kepada warga terdampak," imbuh Wakapolresta. 

Adapun tanggul jebol sepanjang 6 meter dengan lebar 2 meter. Sementara tinggi tanggul mencapai 1 meter. 

"Tanggul jebol ini dikarenakan luapan air Sungai Cimeneng akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah hulu pada Kamis (29/2/2024) malam kemarin," ungkap AKBP Arief. 

Wakapolresta berharap dengan kerja sama semua pihak dan upaya yang dilakukan, kondisi di lokasi terdampak dapat segera pulih dan masyarakat dapat kembali beraktifitas. 

Selain meninjau lokasi, Wakapolresta juga memberikan bantuan berupa paket sembako kepada warga terdampak. (*) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV