SUARA INDONESIA

Gandeng UIN KHAS Jember, FOZ Dorong Optimalkan Fungsi Zakat

Magang - 09 March 2024 | 07:03 - Dibaca 2.18k kali
Peristiwa Gandeng UIN KHAS Jember, FOZ Dorong Optimalkan Fungsi Zakat
Peserta seminar internasional bertajuk “Pelatihan Fundrising untuk Amil-Amil Zakat se-Kabupaten Jember”, bertempat di Gedung Kuliah Terpadu UIN KHAS Jember, pada Rabu (06/03/2024).

SUARA INDONESIA, JEMBER - Universitas Islam Negeri K.H.Achmad Siddiq (UIN KHAS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) bersama dengan Forum Zakat (FOZ) Jember, menyelenggarakan seminar internasional bertajuk “Pelatihan Fundrising untuk Amil-Amil Zakat se-Kabupaten Jember”, bertempat di Gedung Kuliah Terpadu UIN KHAS Jember, pada Rabu (06/03/2024).

Tampil tiga narasumber adalah Ziyad sebagai Ketua Bidang 1 Foz Jatim, Muchammad Abdur Rochman, B.A. Master Degree in Islamic Theology at Nechmeltin Erbakan Universitesy, Konya, dan Syeikh Dr. Thoha Ramadan Al-Azhari.

Menurut Ketua Forum Zakat (FOZ) Kabupaten Jember Abdul Latif, acara tersebut dihadiri oleh 80 peserta terdiri dari 30 Mahasiswa beserta para pengurus lembaga zakat.

“Seminar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa untuk memberikan gambaran tentang perbedaan teori dan praktek dalam pengelolaan zakat,” Kata Abdul Latif.

Selain untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa, kata Abdul Latif seminar itu juga untuk memberikan pelatihan fundrising kepada para pengelola zakat, agar memiliki kemampuan dalam pengumpulan zakat

“Untuk itu kami hadirkan tiga narasumber, dua di antaranya berasal dari Turki dan Kairo,” lanjutnya.


Melalui Abdul Latif, dijelaskan bahwa Syekh Dr. Thoha Ramadan membawakan materi tentang keutamaan ibadah zakat, untuk meningkatkan hubungan dengan Allah (Hablumminallah) dan untuk meningkatkan hubungan dengan manusia (Hablumminannas) .

“Syekh Dr. Thoha Ramadan juga menjelaskan bagaimana praktek kehidupan sahabat Nabi dalam menerapkan ajaran tentang zakat,” paparnya menirukan.

Sedangkan pemateri berikutnya, Muchammad Abdur Rochman, kata Abdul Latif, menyampaikan materi tentang praktek pelaksanaan zakat di Negara Turki, sehingga menjadi perbandingan dengan praktek di Negara Indonesia.

“Muchammad Abdur Rochman menyampaikan perbedaan penerapan zakat di negara Turki, sehingga menjadi pembanding kepada para muzakki dalam menyalurkan zakatnya,” Katanya.

Pada kesempatan itu, setelah acara seminar usai, dilangsungkan tanda tangan kerjasama antara FOZ Jawa Timur dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI) UIN KHAS Jember, yang akan dilaksanakan sebagai PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) oleh mahasiswa semester 6 UIN KHAS Jember.

“Dalam kerjasama ini maka FOZ Jatim dapat memberikan pelajaran sebagai dosen di UIN KHAS Jember dan memberikan ruang penelitian bagi mahasiswa dan dosen” pungkasnya. (Gilang)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Magang
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV