SUARA INDONESIA

Ribuan Santri Tebuireng Jombang Antusias Ikuti Mudik Bareng Jelang Lebaran

Gono Dwi Santoso - 30 March 2024 | 14:03 - Dibaca 498 kali
Peristiwa Ribuan Santri Tebuireng Jombang Antusias Ikuti Mudik Bareng Jelang Lebaran
Santri Pondok Pesantren Tebuireng Jombang saat akan berangkat mudik bareng di halaman Parkir Makam Gus Dur Jombang, Sabtu (30/03/2024)

 

 

SUARA INDONESIA,JOMBANG, - Ribuan santri di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur, mudik bareng jelang Lebaran. Mereka diberangkatkan dari halaman parkir makam Gus Dur di Kecamatan Diwek, pada Sabtu (30/3/2024).

Pantauan di lokasi, para santri terlihat antusias mengikuti kegiatan mudik bareng ini. Kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun untuk mempermudah para santri pulang ke kampung halaman dan menenangkan keluarga di rumah karena mudik terkoordinir sampai dengan tujuan.

Puluhan armada Bus terparkir berjejer di halaman parkir makam Gus Dur dan siap untuk di berangkatkan. Sebelum di berangkatkan terlebih dahulu santri putra maupun putri mengikuti apel terlebih dahulu dan setelah apel  santri diberangkatkan ke masing-masing daerah oleh pengasuh Ponpes Tebuireng.

Ditemui sebelum berangkat salah satu santri asal Surabaya, Cicilia, mengatakan bahwa ia sudah sering mengikuti kegiatan mudik bareng yang diadakan oleh Pondok Pesantren Tebuireng menjelang Lebaran.

"Senang bisa mudik bareng bersama teman-teman, apalagi mau lulus. Lebih nyaman dan kebetulan pondok libur sampai tanggal 21 April 2024 baru balik lagi ke pondok pesantren," ungkapnya.

Ditemui setelah pemberangkatan santri mudik bareng, KH Irfan Yusuf, pengawas Ponpes Tebuireng, mengatakan bahwa pihaknya memfasilitasi para santri untuk mudik karena biasanya sulit mendapatkan kendaraan menjelang Lebaran.

"Ada sekitar 4.000 santri yang mudik ke kampung halaman. Pihak pesantren menyiapkan 80 armada bus untuk kepentingan mudik bersama ini," terangnya.

Gus Irfan menambahkan, untuk mudik bareng kita bagi santri sesuai dengan daerah tujuan masing-masing. Ada biaya sedikit untuk mudik lebaran kali ini yang paling jauh santri dari Sumatra.

" Rata-rata mereka sudah menghubungi orang tua dan mereka sudah dijemput oleh keluarganya masing-masing. Santri nanti kembali ke Pondok Pesantren Tebuireng pada 21 April 2024."tutupnya.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV