SUARA INDONESIA

Anjing Liar Bikin Resah Warga Banyuwangi, Hadang Anak-anak hingga Acak-acak Tempat Sampah

Muhammad Nurul Yaqin - 05 June 2024 | 16:06 - Dibaca 569 kali
Peristiwa Anjing Liar Bikin Resah Warga Banyuwangi, Hadang Anak-anak hingga Acak-acak Tempat Sampah
Proses evakuasi anjing liar beserta anakannya oleh Damkarmat Banyuwangi. (Foto: Istimewa).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Warga Perumahan Permata Puri 2, Kelurahan/Kecamatan Giri, Banyuwangi, dibuat resah oleh keberadaan seekor anjing liar yang berkeliaran di sekitar pemukiman mereka. 

Dalam beberapa hari terakhir, anjing tersebut kerap muncul keliling perumahan. Bahkan sampah-sampah warga di depan rumah diacak-acak di malam hari hingga berserakan.

Anjing liar tersebut tidak hanya membuat warga geram, tetapi juga mengancam keselamatan warga, terutama anak-anak.

“Anjing ini seringkali menghadang anak-anak yang akan berangkat mengaji,” kata Kasi Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Damkar dan Penyelamatan (Damkarmat) Banyuwangi, Salam Bikwanto, Rabu (5/6/2024).

Kejadian itu langsung dilaporkan kepada Damkarmat, Selasa (4/6/2024) malam. Sejumlah petugas langsung bertindak cepat untuk mengamankan anjing tersebut.

Salam mengatakan, tim Damkarmat Banyuwangi segera melakukan patroli di kawasan area yang dilaporkan untuk mencari keberadaan anjing liar bikin resah itu.

Proses penangkapan tidak mudah karena anjing tersebut cenderung waspada dan lari ketika didekati. Dengan menggunakan peralatan khusus, tim kemudian berhasil mengamankan anjing liar ini.

“Kami amankan di jalan menuju rumah kosong, masih di kawasan perumahan setempat. Evakuasi sempat terkendala, karena terhalang kawat berduri. Tapi tidak lama kemudian anjing tersebut berhasil ditangkap,” jelas Salam.

Evakuasi anjing liar membutuhkan waktu sekitar 25 menit. Anjing itu juga cukup agresif karena terdapat sejumlah anakannya di lokasi.

“Rupanya anjing ini indukan. Di lokasi kami juga menemukan sejumlah anaknya. Anjing serta anakannya langsung dibawa ke markas Damkarmat Banyuwangi untuk penanganan lebih lanjut,” kata Salam. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV