SUARA INDONESIA

Sudah Dianggarkan, DPRD Tuban Ngaku Tidak Tahu Kenapa Server Website Belum Terbayar

Irqam - 06 June 2023 | 11:06 - Dibaca 1.26k kali
Politik Sudah Dianggarkan, DPRD Tuban Ngaku Tidak Tahu Kenapa Server Website Belum Terbayar
Tangkap layar website resmi DPRD Tuban tidak bisa diakses.

TUBAN, Suaraindonesia.co.id - Sekretariat Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Tuban Sri Hidajati menyebut sudah menganggarkan sekitar Rp 20 juta untuk mengelola website di instansinya yang sebelumnya tidak bisa akses publik. Namun, ia mengaku tidak mengetahui kenapa website tersebut bisa belum bayar server.

Anggaran tersebut meliputi maintenance website, pembayaran server dan software selama satu tahun. Selain itu, juga dana Rp 20 juta itu terbagi menjadi dua paket, pada pertama sudah terbayarkan.

"Anggaran maintenance sekitar Rp 20 juta. Maintenance termasuk server dan software. Ini juga yang masih kita minta penjelasan secara detail," kata Sri Hidajati pada Senin (6/06/2023) malam.

Hidajati menjelaskan, untuk maintenance website resmi DPRD Tuban melalui pihak ketiga. Sedangkan untuk konten di https://dprd-tuban.go.id/ dikelola secara mandiri bidang kehumasan DPRD Tuban.

"Staf yg menangani teknisnya. saya minta untuk minta penjelasan detail kenapa bisa sampai disuspend," terangnya.

Kini, Hidajati menyebut website DPRD Tuban sudah bisa kembali bisa diakses oleh publik. 

"Alhamdulillah sudah bisa diakses. Katanya karena kemarin ada maintenance di server pusatnya. Terimakasih informasinya, ini jadi catatan kita ke depannya," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, website atau situs internet milik DPRD Kabupaten Tuban, Senin (5/06/2023), tidak bisa diakses publik. Diduga karena belum melakukan pembayaran server, sehingga berujung penangguhan website.

Saat suaraindonesia.co.id mencoba mengakses situs DPRD Tuban sekitar pukul 16.02 WIB, hanya muncul laman berisi pemblokiran. 

"This website has been suspended. If you are the owner of this website, please contact Rumahweb Indonesia for more information. (Situs web ini telah ditangguhkan. Jika Anda adalah pemilik situs web ini, silahkan hubungi Rumahweb Indonesia untuk informasi lebih lanjut, Red)," tulis halaman tersebut.

Dari penelusuran, situs milik DPRD Tuban, https://dprd-tuban.go.id/ terdaftar di server Rumahweb dengan pemilik Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selain itu, website pertama kali didaftarkan pada tanggal 2 Juni 2017 dan berakhir pada tanggal 2 Juni 2024.

Mengutip dari laman Whois, website DPRD Tuban terakhir kali diperbarui pada tanggal 17 Juli 2022. Diketahui juga situ tersebut dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV