SUARA INDONESIA

Mantapkan Hati Jelang Pilpres, Yenny Wahid Ziarah ke Makam Gus Dur dan Leluhur di Jombang

Gono Dwi Santoso - 07 September 2023 | 20:09 - Dibaca 1.12k kali
Politik Mantapkan Hati Jelang Pilpres, Yenny Wahid Ziarah ke Makam Gus Dur dan Leluhur di Jombang
Zannuba Ariffah Chafsoh (Yenny Wahid ) melakukan ziarah ke makam leluhur pondok pesantren Tebuireng salah satunya ke makam KH Abdurrahman Wahid ( Gus Dur) presiden RI ke 4 ,Kamis (07/09/2023).( Foto: Gono Dwi Santoso/Suaraindonesia.co.id).

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id - Jelang pendaftaran Capres dan Cawapres di pemilu 2024, Zannuba Ariffah Chafsoh (Yenny Wahid) melakukan ziarah ke makam leluhur pondok pesantren Tebuireng, salah satunya ke makam ayahnya, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) presiden RI ke 4, Kamis (07/09/2023).

Sebelum melakukan ziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari dan Abdurahman Wahid ( Gus Dur), Yenny Wahid terlebih dahulu mendatangi acara Apel kebangsaan Barikade Gus Dur di Lingkungan pondok pesantren Tebuireng Jombang. 

"Hari ini saya lakukan riyadho spiritual ke makam para leluhur saya, KH Hasyim Asy'ari, KH Wahid Hasyim, Nyai Sholihah dan KH Abdurrahman Wahid," ujarnya.

"Tujuannya adalah berdoa dan berharap agar saya diberikan ketepatan hati untuk memilih calon terbaik yang kita anggap paling baik untuk memimpin Indonesia," sambungnya.

Yenny menjelaskan, pilihan ini bukan suatu yang mudah, terlebih untuk membuat keputusan, karena semua calon yang ada punya banyak kelebihan, tetapi juga ada kekurangan dan harus betul betul jernih melihatnya.

"Pastinya untuk melihat lebih jernih tentunya butuh tuntunan dari yang maha kuasa dan tuntunan spiritual. Kita sekarang berada di situasi negara  masyarakat dimana yang benar bisa salah dan yang salah bisa jadi benar," paparnya.

Ia melanjutkan, untuk melakukan itu semua tidak hanya transaksional saja tidak hanya mencari kekuasaan saja.

"Maka dari itu, penting bagi saya untuk bertafakur sejenak di makam leluhur untuk mencari inspirasi karena perjuangan beliau patut dijadikan contoh. Yang didahulukan bukan ego atau keinginan untuk berkuasa, tapi betul betul untuk kepentingan masyarakat," tutupnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV