SUARA INDONESIA

Kejar Tayang Pengesahan PAPBD, DPRD Situbondo Bakal Gelar Rapat Maraton

Syamsuri - 22 September 2023 | 21:09 - Dibaca 2.22k kali
Politik Kejar Tayang Pengesahan PAPBD, DPRD Situbondo Bakal Gelar Rapat Maraton
Pimpinan DPRD bersama Bupati Situbondo Karna Suswandi, menandatangani persetujuan nota kesepakatan KUA PPAS Perubahan APBD tahun anggaran 2023. (Foto: Syamsuri/Suara Indonesia)

SITUBONDO, Suaraindonesia.co.id - DPRD Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menggelar rapat paripurna dengan agenda penandatanganan persetujuan nota kesepakatan bersama kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA PPAS) perubahan APBD tahun anggaran 2023. Agenda itu berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Situbondo, Jumat (22/09/2023).

Kesepakatan bersama ini ditandatangani Ketua dan Wakil Ketua DPRD Situbondo bersama Bupati Situbondo, Karna Suswandi. Disaksikan ketua-ketua fraksi, serta unsur Forkopimda serta pimpinan OPD Pemkab Situbondo. Sebelum 30 September ini, draf PAPBD itu direncanakan akan segera disahkan melalui rapat yang sama.

Ketua DPRD Situbondo Edy Wahyudi menjelaskan, DPRD menjadwalkan pembahasan PAPBD secara maraton. Sebab, hanya tersisa sedikit waktu untuk pelaksanaan pengesahan perubahan anggaran tersebut.

“Meski kita jadwalkan secara maraton, tetapi kita tetap menjalankan mekanisme dan tahapan sesuai dengan aturan yang ada,” ujarnya.

Lebih jauh Edy mengatakan, untuk tahapan berikutnya, DPRD Situbondo masih menunggu hasil pembahasan draf PAPBD yang dilakukan oleh eksekutif. Selanjutnya, draf tersebut akan dikembalikan ke anggota dewan untuk dikoreksi kembali.

“Oleh karena itu, kami minta agar Pemkab Situbondo ini tidak lama untuk membahas draf PAPBD. Setidaknya hari Senin sudah diserahkan kembali kepada DPRD,” tuturnya.

Menurut Edy, berkas yang diterima oleh DPRD Situbondo nantinya akan dibahas ulang oleh masing-masing komisi. Selanjutnya dilakukan pembahasan oleh Tim Badan Anggaran (Banggar), baru disahkan melalui rapat paripurna.

“Untuk tahapannya masih tetap. Mulai dari tingkat komisi, setelah itu selesai masuk di pembahasan badan anggaran. Kalau semuanya sudah selesai, baru pengesahan PAPBD melalui forum rapat paripurna bersama Pemkab Situbondo,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, pembahasan rancangan PAPBD akan segera dilaksanakan. Sehingga, draf yang dikembalikan bisa diterima kembali untuk dikoreksi oleh anggota DPRD Situbondo.

“Rancangan PAPBD ini sebagai dasar Pemkab Situbondo untuk penyesuaian anggaran di masing-masing OPD,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Bung Karna itu mengungkapkan, perubahan anggaran ini penting dilaksanakan. Untuk menggerakkan program kerja Pemkab Situbondo.

“Perubahan anggaran sebagai bentuk penyesuaian konsumsi anggaran di masing-masing OPD. Baik itu dari segi penerimaan, belanja dan lain-lainnya,” pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV