SUARA INDONESIA

KPU Mesuji Gelar Pendidikan Pemilih untuk Penyandang Disabilitas

Rangga - 06 February 2024 | 13:02 - Dibaca 660 kali
Politik KPU Mesuji Gelar Pendidikan Pemilih untuk Penyandang Disabilitas
KPU saat beri Sosialisasi kepada penyandang disabilitas di kabupaten setempat.(Foto: Rangga/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, MESUJI - Penuhi hak penyandang disabilitas dalam Pemilu 2024, KPU Kabupaten Mesuji, menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada penyandang disabilitas.

Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Desa Berasan Makmur, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, Selasa (06/02/2024).

Ketua KPU Kabupaten Mesuji, Ali Yasir memaparkan, penyandang disabilitas punya hak yang sama untuk ikut serta dalam pemilu, bahkan diprioritaskan.

"Pada 14 Februari mendatang, saat pencoblosan, penyandang disabilitas nantinya, jika dibutuhkan, diberi pendamping oleh keluarga atau bisa juga kepala sekolah jika pemilih merupakan siswa di SLB. Nanti disiapkan form serta didampingi juga oleh saksi di TPS, juga disiapkan surat suara braille," papar Ali.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi dan Hubungan Masyarakat (Sosdiklihparmah) KPU Kabupaten Mesuji Eko Sumarsono menjelaskan, peserta sosialisasi tersebut berjumlah 70 orang yang merupakan penyandang disabilitas se-Kabupaten Mesuji dan anggota PPK dan PPS.

"Peserta dari Kecamatan Simpang Pematang 20 orang, Kecamatan Tanjung Raya, 21 orang, Kecamatan Panca Jaya 8 orang, Kecamatan Way Serdang 7 orang, Kecamatan Mesuji Timur 7 orang, serta PPK masing-masing kecamatan 7 orang," papar Eko.

Pemateri pada kegiatan tersebut yaitu Koordinator Akademi Pemilu Demokrasi Kabupaten Mesuji, Emron Tolib, Pengurus Komunitas Disabilitas Mesuji sekaligus tenaga pengajar di SLB Negeri Mesuji, Ega Subakti dan dihadiri juga oleh Komisioner Bawaslu Mesuji, Wahyu. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rangga
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV