SUARA INDONESIA

Masjid Agung Walio Kota Bau-Bau, Ada Pintu Menuju Kota Makkah?

Redaksi - 01 February 2022 | 09:02 - Dibaca 4.19k kali
Sejarah  Masjid Agung Walio Kota Bau-Bau, Ada Pintu Menuju Kota Makkah?
Masjid Agung Walio Kota Bau-Bau (Foto: Wikipedia)
JEMBER-Masjid Agung Walio yang terletak di Kota Bau-bau atau dikenal juga dengan Masjid Al-Muqarrabin Syafyi Shaful Mu'min merupakan mesjid tertua di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara serta sarat dengan kisah mistis di dalamnya.

Masjid yang didirikan pada masa kesultanan Buton ke 37 tersebut, konon memiliki akses langsung pada Kota Mekkah, melalui pusena yang terletak tepat di belakang mihrab dengan bentuk lubang.

Masyarakat sekitar juga percaya bahwa masjid yang dibangun pada tahun 1930-an tersebut merupakan bekas kompleks kesultanan Buton yang memang terletak di atas pusat bumi. 

Pusena atau pusat bumi tersebutlah yang diyakini masyarakat sekitar sebagai pintu penghubung langsung menuju Kota Mekkah.

Tak jarang suara-suara azan terdengar dari lubang itu, yang dipercayai warga berasal dari azan di kota kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, masjid yang memiliki arsitektur unik tersebut juga dipercaya dapat mengobati rasa rindu pada orang-orang tersayang yang sudah lebih dulu berpulang.

Caranya adalah dengan melihat langsung ke arah posena yang berada di belakang mihrab. 

Dari cerita mereka yang pernah merasakan langsung momen mistis dalam mesjid yang juga dikenal dengan nama masjid Agung Kraton Buton tersebut, orang-orang yang mereka rindukan sedang berkumpul di lubang itu, sehingga kangen yang dirasakan sedikit terobati.

Dilansir dari akun Tik Tok @kisahIslam7, bagi masyarakat kota Bau-bau legenda tersebut merupakan cerita rakyat yang telah dipercaya juga diwariskan secara turun temurun. Maka tak heran, jika sampai saat ini kisah mistis tersebut masih bisa didengar dan tetap menjadi misteri yang belum terpecahkan. (Ree)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV