SUARA INDONESIA

TNI Siap Bersiaga Penuh Hadapi Dampak Banjir di Purworejo

Agus Sulistya - 01 June 2022 | 10:06
TNI/Polri TNI Siap Bersiaga Penuh Hadapi Dampak Banjir di Purworejo

PURWOREJO - Hujan lebat yang mengguyuri mayoritas daerah Kabupaten Purworejo semenjak Selasa sore (30/5/2022) menyebabkan banjir di beberapa desa daerah Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo.

Sekitaran jam 05.00 WIB genagan air karena limpahan sungai bogowonto di Dusun Bojong, Desa Bapangsari, capai 1 mtr. di permukiman masyarakat. Tinggi air bervariatif dimulai dari 70 cm sampai 1 mtr..

Aparat TNI dari jajaran Kodim 0708 Purworejo dengan menggunaan LCR bersama Polri dan BPBD Kabupaten Purworejo lakukan penyelamatan masyarakat Desa Bapangsari untuk pindah ke mushola Al Mustaim Dusun Bojong.

Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Inf. Lukman Hakim memerintah ke semua korps-nya untuk turun ke daerah masing-masing buat menolong masyarakat yang terimbas oleh hujan lebat yang mengguyuri di semua daerah Kabupaten Purworejo.

"Semua jajaran TNI bersiaga penuh menghadapi beragam peluang dampak banjir itu atau susulan. Semua kekuatan dan kemampuan akan di kerahkan dalam menangani kesusahan rakyat sekitarnya," tegas Dandim, Rabu (01/06/2022).

Sementara itu, Komandan Koramil 16 Bagelen Kapten CPM Sutiyono menjelaskan anggota Kodim bersama sukarelawan semenjak jam 04.00 WIB melakukaan penyelamatan masyarakat yang tempat tinggalnya tergenangi oleh banjir untuk dibawa ke arah tempat evakuasi yang semakin aman.

"Sampai sekarang ini untuk pengungsi yang ada di Mushola sekitar 100 salah satunya lanjut usia, ibu ibu dan balita. Untuk beberapa masyarakat masih bertahan di dalam rumah masing-masing khususnya yang berumur muda,," terang Danramil

Selanjutnya, Danramil menambah, untuk personel Koramil 16 Bagelen disiagakan di desa binaan yang terimbas banjir untuk lakukan penyelamatan dan pencatatan pada masyarakat binaannya. Sementara untuk anggota lainnya membatu penyelamatan di evakuasi atau di lokasi banjir.

"Kami terus akan berkordinasi dengan Muspika dan BPBD dalam pendiatribusian makanan ke beberapa pengungsi atau masyarakat yang bertahan di dalam rumah masing-masing," tutup Danramil.

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : M Ainul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya