SUARA INDONESIA

Janji Politik Bung Karna Benar Benar Ditepati Warga Dusun Merak TN Baluran Sudah Menikmati Aliran Listrik

Syamsuri - 16 December 2023 | 19:12 - Dibaca 1.12k kali
Advertorial Janji Politik Bung Karna Benar Benar Ditepati Warga Dusun Merak TN Baluran Sudah Menikmati Aliran Listrik
Gubernur Jatim, KhofifahIndar Parawansah didampingi Bupati Situbonndo usai menyerahkan PLTS SHS instalasi rumah atau sambungan rumah langsung menyalami warga Dusun Merak. ( Foto : Syamsuri/ Suaraindomesia.co.id)

SUARA NDONESIA,SITUBONDO - Masyarakat Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo yang terletak di kawasan Taman Nasional Baluran sangat berbahagia sekali sebab setelah bertahun tahun tidak terjangkau listrik akhirnya saat ini sudah bisa menikmati.

Ini dibuktikan dengan adanya  Panel Listrik Tenaga Surya Solar Home System (PLTS SHS) dan Instalasi Rumah Sambungan Rumah (IR/SR) yang diserahkan  oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa diujung kepemimpinannya. Tentu ini juga tidak lepas dari usulan Bupati Kabupaten Situbondo, Karna Suswandi, Sabtu (16/12/2023).

Upaya penyaluran aliran listrik masuk ke dusun merak merupakan janji janji politik dan program Bupati Situbondo Karna Suswandi diawal masa jabatannya hingga akhirnya bisa terealisasi pada tahun akhir 2023.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur, Nurkholis  mengatakan masyarakat dusun merak harus bersyukur karena memiliki gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Karna Suswandi, dimana beliau berdua merupakan gubernur dan Bupati yang senang blusukan ke lokasi terpencil, sehimgga tahu kebutuhan masyarakatnya.

"Diakui. Bupati Situbondo yang akrab disapa  Bung Karna ini merupakan bupati yang rajin mengirimi surat kepada ESDM Jawa Timur, dan sering menanyakan kapan listrik akan masuk ke dusun Merak,"jelasnya.

"Jumlahnya  ada 210 titik semua yang terpasang tinggal 10 yang belum kami selesaikan, dan ada 53 yang tidak bisa dipasang IS/SR karena terlalu jauh sehingga akan kami pasang PLTS SHS," ungkap Kadis ESDM Provinsi Jawa Timur itu dihadapan semua warga merak.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan dirinya akan terus mengupayakan dan nengawal apa yang telah dirinya janjikan pada saat mencalonkan menjadi bupati, dan saat ini sudah terbukti kata Bung Karna, satu persatu semua sudab terealisasi untuk warga merak.

"Wakyu kampanye saya kepada warga metak menjanjikan akan membangunkan akses jalan sehingga masyarakat dusun merak dapat mengakses faislitas dan pelayanan publik dengan cepat, jika dulu kalua mau melahirkan ibu-ibu di dusun merak harus naik perahu sekarang sudah bisa mengunakan kendaraan motor maupun mobil,"jelasnys

Selian itu, Bung Karna juga mengungkapkan tentu perjuangan untuk bisa merealisasikan listrik masuk dusun merak ini sangat luar biasa, maka dirinya sangat  berterima kasih kepada Gubernur Jatim, pihak Taman Nasional Baluran dan PLN yang telah ikut membantu menyukseskan program tersebut.

"Sebenarnya tiang listrik ini sudah terpasang tahun 2022 namun karena waktunya pendek maka baru bisa terealisasikan penuh pada tahun 2023, dan Alhamdulillah hari ini  listrik bisa masuk dusun merak, sehingga masyarakat dan  anak-anak kami di dusun merak bisa dengan gembira mengaji dan belajar pada malam hari seperti di tempat-tempat lainnya,"tuturnya.

Gubernut Jatim Khofifah Indar Parawansa mengaku senang dengan adanya  listrik bisa masuk ke Kabupaten Situbondo, berdasarkan data PLN kata Khofifah, Situbondo memiliki Rasio pemerataan listrik IR/SR mencapai 99,94 persen sisanya PLTS SHS.

"Mudah mudahan apa yang menjadi permintaan warga ini bisa dijaga dan dirawat bersama-sama dengan baik oleh masyarakat dusun merak, sehingga semua aktivitas warga  berjalan dengan lancar, roda perekonomian akan bergerak serta banyak masyarakat yang akan memiliki usaha baru," jelasnya.

Perwakilan salah satu penerima manfaat jaringan listrik masuk dusun merak, Nur Kholilah mengaku sangat bahagia sebab dirinya tidak lagi perlu menggunakan Genset untuk menghidupkan lampu.

"Pihaknya merasa bersyukur dan denang sekali, karena seblimnya ebelum ada listrik saya pakai genset, kalau mau malam saya hidupkan dan perlu bahan bakar pertalite 1,5 liter setiap malam, Alhamdulillah sekarang sudah tinggal beli token listrik sudah bisa buat hidupkan TV Lampu ngecas dan kebutuhan lain-lain,"ungkapnya.

Lebih lanjiut Kholilah dengan adanya saluran listrik ini kita bersan masyarakat dusun merak sudah bisa membuka usaha baru, seperti kuliner,  kalau dulu mau buat kue masih mikir-mikir, hidupin mixernya gimana, sekarang alhamdulillah sudah sangat enak, terima kasih  Bapak Bupati dan ibu Gubernur,,semoga terus berlanjut jadi pemimpin Jatim dan Sitibondo" Pungkasnya. (Syam)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV