SUARA INDONESIA

Bosan Saat Jam Istirahat Kerja? 5 Cara Berikut Mungkin Bisa Kamu Lakukan Saat Sedang Break Time

Ambang Hari Laksono - 02 August 2022 | 12:08 - Dibaca 3.11k kali
Artikel Bosan Saat Jam Istirahat Kerja? 5 Cara Berikut Mungkin Bisa Kamu Lakukan Saat Sedang Break Time
Ilustrasi Foto Istirahat Kerja

SUARA INDONESIA - Apa yang biasa kamu lakukan saat memasuki jam istirahat? Setelah harus berangkat pagi-pagi dan mulai bekerja kembali, salah satu momen yang paling ditunggu para pekerja tentu saja waktu istirahat. Masa istirahat ini memang penting agar para pekerja bisa memperbaharui tenaganya. Padahal, hal ini sudah diatur secara jelas dalam UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang menyatakan bahwa setiap pengusaha wajib memberikan waktu istirahat dan cuti kepada pekerja/buruh, termasuk istirahat antar jam kerja yaitu sekurang-kurangnya setengah jam setelah bekerja selama 4 jam terus menerus.

Waktu istirahat yang digunakan secara maksimal dapat mengembalikan energi tubuh dan meningkatkan fokus sehingga dapat lebih maksimal untuk melanjutkan pekerjaan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan agar waktu istirahat Anda tidak terbuang percuma.

• Makan

Makan siang seringkali menjadi pilihan rutin untuk mengisi waktu istirahat. Makan siang memang bisa mengembalikan energi tubuh yang sebelumnya digunakan untuk bekerja. Pastikan Anda memilih makanan dengan asupan dan porsi nutrisi yang cukup agar tubuh dapat menyerapnya secara optimal. Jika Anda bukan tipe orang yang mudah lapar, Anda bisa memilih jajanan atau jajanan sehat sebagai asupan sementara. Salah satunya dengan mengkonsumsi Brownies atau Cookies dari Libby yang kualitasnya terjamin. Tidak perlu repot, Anda juga tidak perlu keluar kantor karena kini pemesanan produk Libby sudah bisa dilakukan secara online. Hemat lebih banyak energi, hemat waktu juga.

• Main game

Setelah lelah bekerja, tubuh dan otak kita perlu rileks. Relaksasi tersebut dapat diperoleh dengan bermain game. Bagi Anda yang hobi bermain game, tentunya bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk melakukan aktivitas ini. Perasaan rileks dan semangat setelah bermain game juga bisa mengembalikan energi sehingga pekerjaan bisa kembali maksimal.

• Sosialisasi

Kegiatan ini sangat cocok bagi para ekstrovert di tempat kerja, yaitu mengembalikan energi dengan bersosialisasi. Ngobrol santai dan bercanda dengan teman di tempat kerja saat istirahat bisa mengangkat mood dan mengembalikan semangat setelah sebelumnya bergelut dan sibuk dengan pekerjaan.

• Tidur siang

Tidur siang selama 10-20 menit terbukti dapat mengembalikan energi tubuh, dan hal ini dapat dilakukan pada saat jam istirahat. Daripada dilanda kepenatan, lebih baik Anda mengisi diri dengan tidur siang sebentar. Saat Anda bangun, tubuh Anda akan segar kembali dan otak Anda akan siap untuk kembali bekerja.

• Santai

Bersantai memang bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan peregangan sederhana. Anda juga bisa berhenti sejenak untuk menatap layar atau hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan, mencoba bersantai dengan melihat pemandangan hijau atau mendengarkan musik yang membuat Anda nyaman.

Jam istirahat sangat penting untuk dimaksimalkan karena tubuh dan otak kita tidak bisa dipaksa bekerja terus menerus seperti mesin. Manfaatkan waktu istirahat dengan sebaik-baiknya agar energi dan semangat bekerja tetap terjaga. Pengerjaan pun akhirnya juga maksimal.


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ambang Hari Laksono
Editor : Moh.Husnul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV