SUARA INDONESIA

PLTS Nusa Penida Bali Mulai Operasi, Siap Pasok Listrik Bersih Kapasitas 3,5 Megawatt

Bahrullah - 29 April 2023 | 10:04 - Dibaca 1.51k kali
Budaya PLTS Nusa Penida Bali Mulai Operasi, Siap Pasok Listrik Bersih Kapasitas 3,5 Megawatt
Tapak dari atas likasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hybrid Nusa Penida, Provinsi Bali (Foto Istimewa)

NUSA PENIDA - Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hybrid Nusa Penida, Provinsi Bali beroperasi menjelang gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 November 2022 lalu.

PLTS ini siap memasok listrik bersih dengan kapasitas 3,5 Megawatt.

PLTS Nusa Penida menjadi komitmen upaya PLN meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT) di tanah air.

Bahkan, PLTS ini diklaim mampu menurunkan emisi 4,19 ton CO2e per tahun untuk pulau Bali.

Tak cukup hanya sampai di situ saja, PLTS yang terbentang di lahan 4,5 hektar ini juga akan menjadi lokasi edukasi wisata di Pulau Bali.

Hal itu sebagaimana disampaikan General Manager PLN Unit Induk Distribusi Bali, I Wayan Udayana, pada media lewat keterangan tertulis secara resmi, Sabtu (29/4/2023).

Lebih lanjut, Wayan menyatakan, PLTS itu salah satu tujuannya untuk mempercepat proses transisi energi.

" PLN akan terus menambah kapasitas pembangkit yang bersumber pada energi terbarukan," imbuhnya.

Kata Wayan, pada 2023 ini sudah direncanakan ada penambahan pembangkit EBT yakni PLTS di Bali bagian Timur dan Barat yang masing-masing sebesar 25 megawatt (MW).

"Juga direncanakan ada Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTMH) dengan kapasitas daya 1,3 MW," imbuhnya.

Wayan menuturkan, rencana pembangunan itu oleh PLN Indonesia Power mendukung target net zero emission di 2060.

Katanya, saat ini PLN terus berkolaborasi dengan berbagai pihak antara lain investor, pemerintah, komunitas dan pihak-pihak lainnya untuk bersama-sama mewujudkan transisi energi.

"Nanti target kami akses terhadap energi listrik yang handal, terjangkau dan bersih dapat diperoleh oleh seluruh rakyat Indonesia" ujarnya.

Sementara, Ketua Pusat Unggulan Energi Terbarukan Berbasis Masyarakat atau Center for Community Based Renewable Energy (CORE) Universitas Udayana, Ida Ayu Dwi Giriantari menambahkan, hadirnya PLTS Hybrid di Nusa Penida sangat berdampak pada pengurangan penggunaan energi fosil, terutama di siang hari.

“Ini menjadi contoh baik yang sudah selayaknya ditingkatkan, apalagi Nusa Penida merupakan destinasi wisata, sehingga wajib mengedepankan penggunaan energi bersih yang telah menjadi komitmen pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah,” ucap Ida.

PLTS ini merupakan pembangkit yang beroperasi dengan konfigurasi sistem hibrida yang terdiri dari pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD), PLTS, serta menggunakan Battery Energy Storage System (BESS) berkapasitas 1,84 megawatt hour (MWh).

Sekilas Tentang PLN

PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi.

PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV