SUARA INDONESIA

Kendalikan Inflasi, Diskopumdag-Bulog Banyuwangi Terus Geber Operasi Pasar Murah

Muhammad Nurul Yaqin - 20 February 2023 | 16:02 - Dibaca 1.43k kali
Ekbis Kendalikan Inflasi, Diskopumdag-Bulog Banyuwangi Terus Geber Operasi Pasar Murah
Operasi pasar murah di Pasar Sumberberas, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Senin (20/2/2023). (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI - Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskopumdag) Banyuwangi bersama Badan Urusan Logistik (Bulog) terus geber operasi pasar murah.

Operasi pasar murah ini diperuntukkan mulai komoditas beras medium, gula pasir, minyak goreng dan telur ayam ras. Program tersebut digelar sebagai upaya pengendalian inflasi di Kabupaten Banyuwangi.

Kepala Diskopumdag Banyuwangi, Nanin Oktaviantie mengatakan, operasi pasar murah kali ini digelar di 8 kecamatan. Pihaknya masif menggeber kegiatan tersebut mulai 20–28 Februari 2023. 

"Operasi pasar ini kami bekerjasama dengan Bulog. Harapannya agar harga beras dan sejumlah komoditas seperti gula pasir, minyak goreng dan telur di pasaran terkendali,” kata Nanin, Senin (20/2/2023).

Operasi pasar murah yang digencarkan juga berdasarkan instruksi Bupati Banyuwangi kepada Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk terus memantau harga pokok yang ada di pasaran.

"Sehingga, jika terjadi hal-hal yang dapat memicu peningkatan inflasi agar segera dilakukan penanganan. Kami mengantisipasi itu salah satunya lewat operasi pasar murah ini," cetusnya.

Ia menyebut, dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir, komoditi beras menjadi salah satu penyumbang inflasi tertinggi di Indonesia, termasuk di Banyuwangi.

Sehingga Bulog di setiap daerah diinstruksikan untuk gencar melakukan operasi pasar bersama mitra kerjanya, guna memastikan stok aman dan harga kembali stabil.

"Karena harga beras di pasaran mulai mengalami kenaikan sejak dua bulan terakhir ini. Saat ini harga beras bisa mencapai Rp 12 ribu - 13 ribu per kilogram, tergantung kualitas," bebernya.

Sebenarnya, kata Nanin, operasi pasar murah telah digeber sejak sepekan kemarin yang menyasar seluruh kecamatan di Banyuwangi.

Operasi pasar itu melibatkan mitra Bulog yakni pelaku usaha penggilingan padi dan beras. Mereka perhari menjangkau 11 titik dengan pertitiknya masing-masing membawa 10 ton beras.

"Khusus operasi pasar murah di 8 kecamatan ini, merupakan program Bulog mandiri bersama Diskopumdag. Minimal ada 5 ton beras yang dibawa, ada juga gula, minyak, termasuk telur," ujarnya.

Untuk kegiatan pasar murah 8 titik ini pihaknya menyiapkan beras kualitas medium seharga Rp 9.000 per kilogram.

Berikut jadwal operasi pasar murah di Banyuwangi:

1.Senin, 20 Februari 2023 di Pasar Sumberberas, Kecamatan Muncar.

2. Selasa, 21 Februari 2023 di Kantor Camat Tegaldlimo.

3. Rabu, 22 Februari 2023 di Pasar Purwoharjo, Kecamatan Purwoharjo.

4. Kamis, 23 Februari 2023 di Pasar Benculuk, Kecamatan Cluring.

5. Jumat, 24 Februari 2023 di Pasar Pesanggaran, Kecamatan Pesanggaran.

6. Sabtu, 25 Februari 2023 di Pasar Bangorejo, Kecamatan Bangorejo.

7. Senin, 27 Februari 2023 di Kantor Camat Siliragung.

8. Selasa, 28 Februari 2023 di Pasar Pujasera, Kecamatan Banyuwangi.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV