SUARA INDONESIA

SiKapal Sumenep Kembali Diganjar Penghargaan Tingkat Nasional

Wildan Mukhlishah Sy - 23 November 2023 | 08:11 - Dibaca 715 kali
Ekbis SiKapal Sumenep Kembali Diganjar Penghargaan Tingkat Nasional
Bupati Sumenep dan Kepala Diskominfo Sumenep, saat menerima penghargaan dari Kemenpan RB. Foto: Pemkab Sumenep for suaraindonesia.co.id

SUARA INDONESIA, SUMENEP- Sistem Informasi Keselamatan Pelayaran (SiKapal), yang menjadi salah satu inovasi pelayanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat, kembali diganjar penghargaan tingkat nasional, Kamis (23/11/2023). 

Kali ini SiKapal menyabet penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI, sebagai salah satu Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji 2023, dalam penyelenggaraan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) di lingkungan pemerintah daerah. 

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menjelaskan, inovasi tersebut sengaja diciptakan untuk mempermudah Pemkab Sumenep dalam mendapatkan informasi dan mengidentifikasi perahu atau kapal, jika terjadi kecelakaan laut. 

"Sehingga mempercepat penanganan kedaruratan laka laut untuk meminimalisir korban,” jelasnya. 

Fauzi menegaskan, Pemkab Sumenep berkomitmen untuk terus mengembangkan program SiKapal, sebagai salah satu upaya untuk memberikan perlindungan bagi para nelayan, maupun kapal penumpang saat berlayar. 

Salah satunya, kata Bupati secara bertahap, pihaknya akan meningkatkan pelayan, seperti menambahan alat pendeteksi atau Automation Identification System (AIS) yang terpasang di perahu atau kapal.

“Sebagai langkah awal program itu, Diskominfo baru memasang alat pendeteksi atau AIS di puluhan perahu atau kapal milik masyarakat di Kecamatan Sapeken, dan sekitarnya dengan radius 60 mil, namun secara berkelanjutan terus mengembangkan jangkauan area,” kata Bupati. 

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya mengatakan, saat ini, alat deteksi atau AIS yang terpasang di perahu berjumlah 20 buah dan 2024, pihaknya telah memprogramkan di APBD untuk menambah alat pendeteksi sebanyak 50 buah. 

“Selain itu di 2024, kami juga meningkatkan jangkauan area ke seluruh wilayah kepulauan kecuali Kecamatan (Pulau) Masalembu pada tahun selanjutnya, bahkan siap untuk berintegrasi dengan Kabupaten atau Kota lainnya guna memantau,” tutupnya. 

Perlu diinformasikan, sebelumnya SiKapal juga berhasil mendapat apresiasi dari Kemenpan RB, serta masuk dalam top 99 layanan informasi publik pada kompetisi Sistem Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) 2023.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV