SUARA INDONESIA

Perajin Pernak Pernik Natal di Jombang Kebanjiran Order Pesanan Menjelang Natal 2023

Gono Dwi Santoso - 26 November 2023 | 19:11 - Dibaca 1.16k kali
Ekbis Perajin Pernak Pernik Natal di Jombang Kebanjiran Order Pesanan Menjelang Natal 2023
Natalia Apriyanto saat menujukan paket pernak pernik Natal yang sudah di kemas,Minggu (26/11/2023).( Foto: Gono Dwi Santoso/Suaraindonesia)

 

SUARA INDONESIA,JOMBANG, - Menjelang perayaan Natal tahun 2024 pengrajin souvenir berbahan fiber glass asal Desa Banjardowo, Kecamatan/Kabupaten Jombang, banjir order pesanan, Minggu ( 26/11/2023)

Pantauan di lokasi produksi, tampak aktifitas puluhan karyawan sedang membuat tempat hand sanitizer, patung salib dan tempat peralatan mandi untuk di cetak menggunakan cairan yang sudah di sediakan.

Di tempat ini, masing-masing pekerja sudah dibagi tugasnya. Ada yang mencetak dan ada yang menghaluskan bahan yang jadi setelah dicetak, kemudian dilakukan pemberian warna.

Setelah selesai diberikan warna, kemudian dilanjutkan dengan di lukis. Setelah itu di lakukan penjemuran. Baru kemudian setelah kering, dilakukan packing untuk dikirim.

Ditemui saat proses produksi pemilik usaha souvenir dari fiber, Natalia Apriyanto mengatakan, dalam mengerjakan produksi souvenir-souvenirnya, dibantu puluhan karyawannya ada yang di rumahnya. Dan ada juga yang di kerjakan tetangga rumahnya.

"Kisaran ada 40-an karyawan. Ada yang di sini, juga ada yang dibawa pulang untuk pengerjaan pembuatannya " tambahnya.

Lia menjelaskan, usaha yang di gelutinya sejak 2004 silam dan  mengerjakan bermacam macam aneka souvenir yang diproduksi. Mulai dari pernik salib, patung, cermin ,Yesus, patung Bunda Maria, kotak pensil Natal, tempat lilin natal, hingga wadah peralatan mandi yang dihias dengan warna Natal dan lain sebagainya.

"Menurutnya, untuk  Natal di tahun ini, dirinya mengalami banjir pesanan dibanding tahun-tahun sebelumnya seperti pamsower perlengkapan make up, perlengkapan wastafel yang buat handsanitazer biasanya di taruh di wastafel kamar mandi dan barang barang itu masih di minati untuk natal tahun ini ," terangnya.

Lia mengatakan sejauh ini permintaan dari konsumen banyak  dan tahun ini permintaan pelanggan  pun meningkat  dibanding momen Natal tahun sebelumnya.

" Ada yang pesanan terpisah ada juga yang paketan untuk di buat sovenir," terangnya 

Lia mengatakan, untuk harga paketan bervariasi harga murah tapi berkualitas mulai di harga Rp 85 ribu hingga paling tinggi kisaran  Rp 250.000 dan untuk souvernir hiasan pohon natal mulai harga Rp 12.500 sampai 45 ribu.

" Souvenir buah karyanya tak sekadar terjual di daerah Jombang saja, melainkan ke luar Jawa juga. Bahkan sempat tembus hingga mancanegara, " pungkasnya.(*).

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV