SUARA INDONESIA

Luar Biasa, Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Bantu Peternak Desa Sidomulyo Jember

Magang - 09 March 2024 | 07:03 - Dibaca 1.56k kali
Ekbis Luar Biasa, Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Bantu Peternak Desa Sidomulyo Jember
Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat saat memberikan bantuan kepada Kelompok Ternak Desa Sejahtera di Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada Kamis (07/03/2024) Siang.

SUARA INDONESIA - Sebagai bentuk kepedulian untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat melakukan bekerjasama dengan memberikan bantuan kepada Kelompok Ternak Desa Sejahtera di Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada Kamis (07/03/2024) Siang.

Melalui Ketua Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Abdul Latif, bantuan itu berjumlah 90 ekor domba, yang secara simbolik diserahkan sebanyak 49 ekor kepada 6 penerima. Selebihnya, akan diserahkan pada hari berikutnya.

“Bantuan ini berbentuk kerjasama pengelolaan ternak kambing antara Nurul Hayat dengan para peternak,” kata Abdul Latif menjelaskan.

Tidak hanya itu, bantuan lain berupa sejumlah uang yang diserahkan kepada koordinator peternak langsung. Menurut Abdul Latif, uang tersebut selanjutnya dibelikan domba sejumlah kebutuhan. 

“Domba itulah yang kemudian dipelihara oleh para peternak, yang biaya pakan, perawatan, dan kebutuhan lainnya sudah termasuk kedalam bantuan tersebut,” ujar pria kelahiran Sumenep Madura itu.

Peternak, kata dia, bertanggung jawab untuk memelihara domba hingga tiba bulan kurban, pada bulan Juni tahun 2024.

“Domba yang sudah memenuhi syarat akan dijual kepada para donatur. Sedangkan keuntungannya, setelah dipotong biaya, sepenuhnya diambil oleh para peternak. Sedangkan Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat hanya meminta sepuluh persen,” sambungnya.

Kendati begitu, menurutnya, keuntungan sebesar sepuluh persen yang didapat oleh Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat, didistribusikan kembali kepada kaum dhuafa, fakir miskin, anak yatim di sekitar para peternak tersebut.

“Dengan demikian maka pola kerjasama akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi para peternak dan juga memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya,” ujarnya.

Lebih jauh pihaknya memaparkan,  Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat juga memberikan bantuan lain, diantaranya memberikan bantuan Al-Quran kepada para guru ngaji yang ada disekitar desa tersebut.

“Setidaknya bantuan tersebut dapat dimanfaatkan anak-anak yang sedang belajar mengaji di mushola tersebut,” lanjut Abdul Latif.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator peternak TDS Fauzi, berterima kasih atas bantuan dari Nurul Hayat, yang telah peduli kepada para peternak di Dusun Curah Manis, Desa Garahan.

“Bantuan tersebut telah membantu kami untuk menjadi peternak yang baik. Seperti jargon kami, jangan gengsi jadi peternak, jadilah peternak yang bergengsi,” Ujarnya.

“Kami berterima kasih atas bantuan ini yang telah kami rasakan manfaatnya sejak tahun 2018. Semoga kegiatan ini terus berkelanjutan di masa mendatang, karena manfaatnya sudah langsung kami rasakan,” sambungnya.

Fauzi juga menjelaskan, bahwa dari keuntungan kerjasama ini bukan semata untuk kepentingan bisnis, namun lebih kepada sosial.

“Keuntungan dari kerjasama ini juga kami manfaatkan untuk kegiatan sosial dan keagamaan, seperti pengajian dan sunatan massal yang telah kami laksanakan pada tahun-tahun sebelumnya,” lugasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh penerima bantuan tersebut, Samhaji, peternak warga Dusun Curah Manis, Desa Sidomulyo, yang juga mengucapkan terimakasih atas bantuan tersebut.

“Selama ini kami telah merasakan banyak manfaatnya setelah mendapatkan bimbingan dan bantuan dari Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat,” pungkasnya (Gilang)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Magang
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV