SUARA INDONESIA

Area Relokasi Pasar Banyuwangi Mulai Banyak Pembeli, Termasuk ASN juga Dikerahkan

Muhammad Nurul Yaqin - 29 May 2024 | 20:05 - Dibaca 942 kali
Ekbis Area Relokasi Pasar Banyuwangi Mulai Banyak Pembeli, Termasuk ASN juga Dikerahkan
ASN di lingkungan Pemkab Banyuwangi dikerahkan untuk berbelanja di area relokasi Pasar Banyuwangi. (Foto: Istimewa).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Aktivitas jual beli di area relokasi Pasar Banyuwangi, di area relokasi Gedung Wanita sudah mulai ramai. Sejak resmi direlokasi ke tempat baru, Senin (27/5/2024) para warga sudah banyak berbelanja, dan pedagang juga telah menempati lapak-lapak yang disediakan.

Seperti yang terlihat Rabu (29/5/2024). Area relokasi Pasar Banyuwangi dipadati pengunjung. Siti Nurhayati, salah satu pedagang bersyukur telah banyak pembeli yang datang ke area relokasi Pasar Banyuwangi.

“Awalnya sempat khawatir dengan relokasi ini, takut kehilangan pelanggan tetap. Namun Alhamdulilah ternyata mulai banyak pembeli yang datang," kata Siti.

Pedagang lainnya Sri Puryati mengaku lapak tempatnya berjualan di area relokasi cukup nyaman. Ia dan para pedagang lain akan berjualan di tempat tersebut kurang lebih setahun hingga Pasar Banyuwangi rampung dibangun.

"Bersyukur masih diberi tempat. Jadi tidak terlantar. Kalau soal rezeki, itu sudah ada yang mengatur," imbuh dia.

Salah satu pembeli Anang Teguh, mengatakan cukup nyaman berbelanja di area relokasi pasar. "Nyaman kok berbelanja di sini," tutur Anang.

Untuk kian meramaikan pasar, Pemkab Banyuwangi juga mengerahkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berbelanja di area relokasi Pasar Banyuwangi.

Kebijakan ini merupakan bagian untuk mendukung para pedagang selama masa transisi dan penyesuaian ke lokasi baru. Kehadiran para ASN di pasar ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi para pedagang yang telah pindah ke lokasi baru ini.

Sekda Banyuwangi, Mujiono menyatakan Pemkab Banyuwangi berkomitmen untuk membantu para pedagang dalam masa transisi ini.

"Kami mengajak seluruh ASN untuk turut serta berbelanja di area relokasi pasar ini. Ini adalah bentuk dukungan kami untuk para pedagang," ujarnya.

Selain memberikan dampak positif bagi pedagang, kehadiran ASN di area relokasi pasar juga diharapkan dapat menarik minat masyarakat umum untuk berbelanja di lokasi tersebut.

"Kita support para pedagang lah. ASN kita gilir untuk berbelanja di tempat relokasi," kata dia.

Mujiono mengatakan Pemkab Banyuwangi akan memantau perkembangan dan melakukan evaluasi secara berkala. Berbagai masukan dari para pedagang dan pengunjung akan menjadi bahan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di pasar ini.

"Ini masih masa transisi. Tentu akan banyak masukan baik dari pedagang dan pembeli, dan itu akan menjadi bahan evaluasi kami untuk pembenahan tempat relokasi," tambah Mujiono.

Relokasi pedagang dilakukan karena Pasar Banyuwangi saat ini akan direvitalisasi, menjadi pusat belanja dan kawasan heritage yang terintegrasi dengan Asrama Inggrisan, eks kantor dagang Inggris. Revitalisasi Pasar Banyuwangi dan Asrama Inggrisan ini didukung Kementerian PUPR. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV