SUARA INDONESIA

Yang Muda Nyinden, Siapa Takut!

Lukman Hadi - 12 July 2022 | 20:07 - Dibaca 2.88k kali
Features Yang Muda Nyinden, Siapa Takut!
Sinden muda asal Surabaya, Angelica Wahyu.

SURABAYA - Di zaman yang semakin modern ini, masih ada anak muda mau belajar dan menekuni kesenian budaya nenek moyang.

Angelica Wahyu, perempuan yang baru akan menginjak usia 21 tahun ini begitu mencintai kesenian Sinden Jawa. Sinden adalah hiburan dari Jawa di mana seorang perempuan akan tampil melantunkan lagu-lagu Jawa yang diiringi oleh bunyi gamelan.

Kecintaannya pada dunia tarik suara sudah digemari sejak duduk di bangku sekolah dasar. "Aku suka menyanyi dari kecil. Sejak aku SD. Mama itu sering nyanyiin (saya) pakai lagu-lagu jawa dan aku sering ngikutin, mama ngelihat aku itu tertarik," kata Angel saat tampil di podcast Judes Indonesia, Selasa (12/7/2022).

Bagi Angel, menyanyi sudah menjadi bagian hidupnya. Ia totalitas dalam menekuni kesenian Sinden. Meski pertama kali genre yang dibawakan adalah Pop.

"Aku berangkat dari pop. Dulu suka nyanyi lagu pop, sampai sekarang suka. Tapi, di samping itu aku juga suka nyanyi Jawa," ujarnya.

Menurut dia, menyanyikan syair-syair Jawa tentu memiliki perbedaan ketimbang membawakan lagu genre lainnya. Didengarkan dari syairnya pun jauh berbeda. 

"Aku suka syair-syairnya itu penuh dengan tebakan maknanya seperti apa. Itu gak kayak lagu-lagu sekarang langsung to the poin, itu enggak, ada sastra-sastranya," 

Di usianya yang masih terbilang milenial ini, ia tidak malu harus berkecimpung di dunia Sinden. Bahkan, ia merasakan ada suatu kenyamanan ketika melantunkan syair-syair Jawa.

"Pastinya happy, ya. Karena selain bisa menyalurkan hobi, itu kayak merasa punya misi gitu, lho," tukasnya.

Dari hati paling dalam, ia mengajak semua insan, mulai kalangan tua sampai generasi milenial untuk tetap mencintai dan menjaga kelestarian kesenian.

"Budaya ini harus tetap ada. Yuk, kita maju bangun sama-sama, kita bangkitkan, kita hidupkan lagi kesenian ini supaya tetap lestari," tukasnya penuh semangat.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV